Rutin Makan Dua Apel Utuh per Hari, Bisa Turunkan Kadar Kolesterol


Selasa,17 Desember 2019 - 15:28:05 WIB
Rutin Makan Dua Apel Utuh per Hari, Bisa Turunkan Kadar Kolesterol sumber foto bisnis.com

Dibanding meminum jus apel, mengonsumsi apel dalam keadaan utuh dapat memberikan kontribusi yang positif pada tubuh Anda.

Dikutip dari laman bisnis.com, mengonsumsi dua apel per harinya dapat membuat tingkat kolesterol Anda menurun ditambah dengan menurunnya  risiko penyakit membahayakan.

Dalam studi yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition, tim peneliti dari University of Reading yang berkolaborasi dengan Fondazione Edmund Mach Institute di Italia menemukan bahwa apel memiliki kandungan fiber bernama polyphenold yang dapat mengurangi LDL kolesterol.

Untuk membuktikan penemuan ini, peneliti secara random meneliti 40 wanita dan pria pada usia 29 hingga 69 tahun dengan tingkat kolesterol yang tinggi, dan menyarankan mereka mengonsumsi apel dalam kurun waktu dua puluh minggu.

Mereka juga dilarang untuk mengonsumsi probiotik seperti yogurt, susu fermentasi, prebiotik seperti inulin dan jus apel atau makanan yang mengandung campuran apel di dalamnya. Tim peneliti kemudian menemukan makan dua apel per harinya dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular sebesar 4 persen.

“Studi terakhir yang menyebutkan dampak dari diet ini dapat mengubah risiko dari penyakit jantung. Mengonsumsi dua apel per hari, dibanding minum gula dan kalori yang terkandung dalam jus apel dapat membuat efek yang signifikan dalam kesehatan,” ujar profesor Julie Lovegrove.

Dr Thanasis Koutsos dari University of Reading menambahkan penemuan ini memberikan bukti kalau kebiasaan yang kecil pada pola makan seperti mengonsumsi dua apel utuh dapat berkontribusi besar pada kesehatan kita.

“Kita tidak tahu apakah fiber yang ditemukan dalam apel atau polyphenol-nya yang berdampak besar pada hasil ini, Namun, pada dasarnya mengonsumsi makanan utuh jauh lebih baik dibanding mengolahnya,” tutup Thanasis. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]