Tubuh Kehujanan, Sebaiknya Mandi Pakai Air Hangat atau Dingin


Kamis,19 Desember 2019 - 09:09:52 WIB
Tubuh Kehujanan, Sebaiknya Mandi Pakai Air Hangat atau Dingin sumber foto okezone.com

Musim hujan sudah datang, risiko kehujanan pun semakin besar. Jika tidak ditangani dengan benar, maka beberapa penyakit seperti demam, sakit kepala dan flu bisa menjalar dengan cepat.

Dikutip dari laman okezone.com, usai kehujanan biasanya seseorang akan kedinginan dan memutuskan untuk menghangatkan diri. Namun kebiasaan ini ternyata tidak tepat. Hal ini diungkapkan oleh dr. Sumiati Yusup.

“Kehujanan tidak akan berisiko besar pada suatu penyakit namun syaratnya harus langsung mandi. Jika tidak segera mandi, kondisi pakaian yang sudah basah akan membuat tubuh menjadi menggigil,” terang dr. Sumiati, saat ditemui Okezone di Jakarta, Rabu, 18 Desember 2019.

Lebih lanjut dr. Sumiati mengatakan seseorang tidak wajib menggunakan air hangat untuk mandi usai kehujanan. Seseorang bisa menggunakan air biasa dengan suhu normal. Air hangat bisa digunakan hanya sebagai opsi apabila suhu air terlalu dingin.

“Setelah mandi, seseorang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman hangat seperti roti atau teh. Kalau kenyang mengonsumsi kue atau minum hangat," tambahnya.

Selain itu mengonsumsi vitamin juga bisa dilakukan untuk menjaga stamina tubuh. Vitamin C1000 bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun ketika nutrisi telah tercukupi dan stamina telah terjaga, maka konsumsi vitamin tidak perlu dilakukan.

“Ada juga vitamin C1000, kalau dikonsumsi oleh orang yang punya penyakit maag justru menyebabkan maagnya kambuh. Jadi sesuai kebutuhan saja,” tuntasnya. (GA)

 

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]