WHO Tetapkan Status Darurat Internasional, Masyarakat Waspada Hadapi Virus Korona


Jumat,31 Januari 2020 - 08:56:34 WIB
WHO Tetapkan Status Darurat Internasional, Masyarakat Waspada Hadapi Virus Korona sumber foto lifestyle.okezone.com,

Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan, penyebaran virus korona (coronavirus/2019-nCov) yang pertama merebak di Wuhan, China, sebagai darurat internasional. Status itu muncul karena semakin banyak negara terkena wabah dan korban terinfeksi tumbang.

Dilansir dari laman lifestyle.okezone.com, The Guardian menyebutkan, hingga saat ini sekira 7.711 orang terinfeksi virus korona Wuhan, dengan total kematian sebanyak 170 orang. Negara-negara yang sudah terinfeksi antara lain China, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Filipina, Hong Kong, Macau, Malaysia, Australia, Singapura, Vietnam, Singapura, Kamboja, Thailand, Nepal, Sri Lanka, India, Amerika Serikat, Uni Emirat Arab, Perancis, Jerman, Finlandia, juga Kanada.

Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, akhirnya mengumumkan status darurat internasional, terhadap wabah virus korona Wuhan. Status tersebut menjadi tanda agar seluruh masyarakat di dunia waspada.

"Alasan utamanya adalah bukan karena apa yang terjadi di China, melainkan apa yang dialami seluruh dunia," kata Tedros saat memberikan pernyataan pers di Geneva, Switzerland, Kamis 30 Januari 2020, seperti dikutip Okezone dari Foxnews.

Tedros melanjutkan, kekhawatiran terbesar WHO saat ini adalah kemungkinan penyebaran virus yang semakin meluas, ke negara-negara dengan sistem ketahanan kesehatan yang lemah. Selain itu, dapat juga melanda negara yang tidak siap dalam hal penanganan masalah kesehatan semacam ini.

Virus korona Wuhan terbukti mampu menyebar antarmanusia. Dalam waktu 24 jam terdapat korban jiwa baru sebanyak 38 orang. Fakta ini menjelaskan bahwa infeksi virus korona Wuhan lebih parah daripada MERS.

Jadi, jumlah kasus akibat virus korona Wuhan melampaui jumlah kasus wabah MERS, yang terjadi di China pada 2002 dan 2003. Namun jumlah kematian wabah 2019-nCoV masih lebih rendah.

Data terbaru juga menjelaskan,a saat ini ada 98 kasus di luar China, dengan kebanyakan kasus ditularkan antarmanusia, 99 persen di antara mereka tertular akibat virus. "Kita harus ingat bahwa ini adalah manusia, bukan sekadar angka," tegas Tedros. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]