Wacana Bangun RS Isolasi, Menkes Terawan: Ada 1000 Pulau, Pilih saja


Jumat,07 Februari 2020 - 16:54:11 WIB
Wacana Bangun RS Isolasi, Menkes Terawan: Ada 1000 Pulau, Pilih saja sumber foto suara.com

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebut, ada sebanyak 100 pulau yang dapat dijadikan opsi sebagai lokasi rumah sakit yang khusus mengisolasi penyakit menular.

Dilansir dari laman suara.com, menurutnya, sejauh ini belum ada nama pulau yang mengerucut untuk dipilih. "Ada 100 pulau, banyak banget. Pilih dewek, ora apal aku (pilih sendiri, tidak hapal saya)," kata Terawan di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Jumat (7/2/2020).

Dalam Rapat Koordinasi Terbatas yang dihadiri sejumlah pihak tersebut, pemerintah masih mempelajari beberapa aspek. Di antaranya, geologi, politik, ekonomi, hingg keamanan.

"Mempelajari segala aspek, geologi, politik, kemudian masalah juga ekonomi, masalah pemeliharaan, masalah pertahanan keamanan, semua ditinjau. Jadi ini masalah brainstoarming saja hari ini," kata dia.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum, Politik, dan Keamanan Mahfud MD menjelaskan, lokasi atau pulau yang nantinya dipilih harus memenuhi kriteria. Salah satunya dekat dengan pangkalan militer dan bandar udara agar memudahkan proses evakuasi.

"Ya tadi ada kriteria harus dekat pangkalan militer agar mudah evakuasi, dekat bandar udara. Itu saja tadi kriterianya," kata Mahfud. Menurut dia, lokasi yang nantinya akan dibangun rumah sakit isolasi khusus itu tidak harus pulau tak berpenghuni. Nantinya, pulau tersebut akan didesain sedemikian rupa.

"Sebenarnya tidak perlu ada di pulau tersendiri, bisa di pulau tersendiri bisa di pulau yang sudah ada penghuninya, sudah ada penduduknya maksudnya. Sudah ada penduduknya tidak apa-apa. Tetapi itu didesain sedemikian rupa karena di berbagai dunia pun sama," katanya.

Dalam rapat tersebut, turut hadir Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Munardo, Kepala Korps Polairud Mabes Polri Irjen Lotharia Latif, Kepala Pusat Kesehatan TNI Bambang Dwi Hasto dan pihak lainnya. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]