6 Cara Mengatasi Ketagihan Mi Instan, Kenali Tanda-tandanya


Kamis,05 Maret 2020 - 11:07:55 WIB
6 Cara Mengatasi Ketagihan Mi Instan, Kenali Tanda-tandanya Sumber foto hot.liputan6.com

Cara mengatasi ketagihan mi instan harus benar-benar diperhatikan banyak orang. Tidak sedikit orang yang memiliki hasrat yang besar untuk makan mi instan setiap harinya. Padahal ia tahu bahwa makan mi instan berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. 

Dilansir dari laman hot.liputan6.com, seseorang bisa ketagihan mi instan tentunya dipengaruhi oleh berbagai macam hal. Misalnya saja cara memasaknya yang praktis dan tidak ribet, hingga rasanya yang khas dengan bumbu yang gurih membuat orang-orang kecanduan.

Cara mengatasi ketagihan mi instan harus dilakukan dengan mengenali tanda-tandanya terlebih dahulu demi menjaga kesehatan. Apalagi di cuaca yang sedang dingin ini, tentunya makan makanan hangat seperti mi instan menjadi semakin digemari. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (5/3/2020) tentang cara mengatasi ketagihan mi instan demi menjaga kesehatan.

Tanda-tanda Seseorang Ketagihan Mi Instan

Sebelum mengetahui cara mengatasi ketagihan mi instan, tentunya kamu harus mengenali terlebih dahulu tanda-tanda seseorang ketagihan mi instan. Berikut beberapa tanda seseorang telah ketagihan mi instan:

  • Tak mampu mengendalikan diri meskipun tahu atau bahkan pernah merasakan bahaya kebanyakan makan mi, contohnya bertambahnya berat badan.
  • Kerap muncul keinginan untuk makan mi instan padahal sudah makan dan tidak sedang lapar.
  • Saat akhirnya makan mi instan, kamu malah makan berlebihan. Bisa sampai dua porsi bahkan lebih.
  • Merasa bersalah atau menyesal setelah makan mi instan, tapi akan tetap makan lagi setiap ada kesempatan.
  • Mencari-cari alasan untuk terus makan mi instan.  
  • Mencoba menutup-nutupi ketagihan ini dari orang lain, misalnya dari orangtua atau pasangan.

Cara Mengatasi Ketagihan Mi Instan

Dengan mengetahui tanda-tandanya, kamu sekarang sudah bisa mengenali apakah kamu ketagihan mi instan atau tidak. Jika kamu mengalami setidaknya tiga tanda-tanda ketagihan mi instan tersebut, kamu sebaiknya segera menjalankan beberapa cara mengatasinya, sebagi berikut:

Kurangi Secara Perlahan, Jangan Langsung Berhenti

Cara mengatasi ketagihan mi instan jarus dilakukan secara perlahan. Kamu tidak bisa langsung berhenti begitu saja, karena hal tersebut hanya akan membuatmu semakin berhasrat untuk makan mi instan.

Misalnya jika kamu biasanya hampir setiap hari mengonsumsi mi instan, kamu bisa mencoba membatasinya jadi dua kali seminggu. Setelah itu, kamu bisa menjadikannya satu kali seminggu dan begitu seterusnya hingga kamu dapat menahan diri untuk tidak makan mi instan terlalu sering lagi.

Jangan Menyimpan Mi Instan di Rumah

Tentunya jika menyimpan mi instan di rumah kamu akan semakin tergoda untuk mengonsumsinya. Apalagi kamu tidak perlu mengeluarkan tenaga lagi untuk pergi membeli mi instan. Menghindari menyimpan mi instan di rumah adalah salah satu cara mengatasi ketagihan mi instan yang sangat efektif.

Bagaimana tidak, tentunya kamu akan lebih mudah untuk membuat mi jika sudah tersedia di rumah. Padahal hasrat untuk makan mi instan biasanya akan hilang jika kamu sudah mengonsumsi makanan lain. Jadi, jangan pernah beli mi instan lebih dari satu bungkus untuk menghilangkan rasa ketagihan.

Mengganti Bumbu Mi dengan Rempah Alami

Cara mengatasi ketagihan mi instan selanjutnya adalah dengan mengganti bumbunya dengan rempah alami. Dengan mengubah cita rasanya, kamu bisa menghilangkan rasa ketagihan tersebut, karena bumbu mi instan merupakan penyebab terbesar timbulnya rasa ketagihan.

Gunakanlah rempah alami seperti bawang putih, lada, daun bawang, garam, cabai, hingga ketumbar sebagai pengganti bumbu instan. Dengan begitu, lama kelamaan lidahmu akan terbiasa dengan rasa alami, dan terhindari dari ketagihan mi instan.

Menambahkan Makanan Sehat

Menambahkan makanan sehat pada mi instan juga bisa dijadikan salah satu cara mengatasi ketagihan mi instan. Hal ini bisa dijadikan untuk peralihan ketagihan mi instan menuju makanan sehat nantinya.

Menambahkan sayur seperti sawi, wortel, bok choy, kangkung, atau brokoli dapat membuat kamu terbiasa makan makanan sehat. Dengan mengonsumsi sayuran tersebut, kamu bisa terbiasa untuk menghindari makanan seperti mi instan yang gizinya minim.

Belajar Masak

Cara mengatasi ketagihan mi instan selanjutnya adalah dengan belajar masak. Saat kelaparan, banyak orang memilih mi instan karena mudah dibuat atau disiapkan. Karena itu, untuk menghindarinya kamu bisa belajar memasak. Dengan menyenangi memasak, kamu bisa membuat berbagai makanan lain yang tidak kalah enak dari mi instan. Dengan begitu, kebiasaan makan mi instan pun dapat dihindari.

Menghindari Orang yang Sedang Makan Mi Instan

Cara mengatasi ketagihan mi instan berikutnya adalah dengan menghidnari orang yang sedang makan mi instan. Hal ini perlu dilakukan agar kamu tidak terpancing untuk makan mi instan juga. Mintalah pada orang terdekat agar tidak makan mi instan di dekatmu. Jika ketagihan mi instan yang kamu alami sudah begitu parah, kamu bisa menemui psikolog untuk mengatasi kecanduanmu tersebut. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]