15 Makanan untuk Atasi Nyeri Tubuh Akibat Kelelahan


Rabu,25 November 2020 - 15:26:59 WIB
15 Makanan untuk Atasi Nyeri Tubuh Akibat Kelelahan Sumber foto liputan6.com

Saat lelah tubuh terkadang bisa merasa nyeri dan pegal. Jam kerja yang panjang dan aktivitas yang padat bisa membuat tubuh kelelahan. Bahkan aktivitas fisik sekecil apa pun bisa membuat lelah.

Dilansir dari laman lipuatn6.com, kelelahan yang berat bisa memicu peradangan. Kondisi ini menimbulkan efek rasa nyeri dan pegal di tubuh. Nyeri tubuh bisa disebabkan oleh stres, dehidrasi, kurang tidur, hingga kelelahan parah.

Ada Sejumlah cara mengatasi nyeri tubuh akibat kelelahan. Selain istirahat cukup, konsumsi makanan tertentu juga bisa membantu. Makanan-makanan ini bisa membantu meningkatkan energi, mengatasi peradangan, dan meningkatkan kualitas tidur. Berikut 15 makanan untuk atasi nyeri tubuh akibat kelelahan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(25/11/2020).

Makanan untuk Atasi Nyeri Tubuh Akibat Kelelahan

Pisang

Dalam kebanyakan kasus, nyeri tubuh dan otot adalah akibat dari kekurangan kalium. Konsumsi pisang yang kaya akan kalium dapat membantu memulihkan tubuh yang sakit. Pisang juga bisa memberi energi instan pada tubuh.

Ceri

Ceri memiliki senyawa di dalamnya yang dikenal sebagai antosianin. Ini adalah antioksidan yang bekerja untuk meredakan nyeri. Ceri adalah sumber polifenol dan vitamin C yang kaya, keduanya memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Jus ceri membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan. Ini membuat ceri sering digunakan untuk mengobati nyeri otot serta neuropati perifer. Kedua kondisi ini dapat menyebabkan nyeri tubuh.

Semangka

Semangka adalah sumber hidrasi yang bagus. Dehidrasi bisa meningkatkan perasaan lelah. Tubuh yang kekurangan air dapat menyebabkan lelah dan rentan meradang. Semangka mengandung 92% air dan mengandung vitamin C, vitamin A, dan banyak nutrisi lainnya.

Bawang putih

Bawang putih tidak hanya enak, tapi juga dapat mengurangi peradangan akibat nyeri sendi. Ini berkat senyawa belerang anti inflamasi yang ditemukan dalam bawang putih. Bawang putih merupakan bagian dari genus Allium yang dikenal dengan produksi senyawa organosulfurnya.

Ketika diekstraksi dan diisolasi, senyawa ini memiliki spektrum manfaat yang luas untuk melawan infeksi mikroba. Mereka juga meningkatkan kesehatan jantung, melawan kanker, dan meredakan peradangan.

Cabai

Coba tambahkan cabai ke dalam makanan jika mengalami nyeri sendi akibat kelelahan. Capsaicin, senyawa dalam cabai yang membuat mulut terasa panas, terbukti menghasilkan efek anti-inflamasi dan potensi antioksidan. Cabai juga kaya akan vitamin B-6 dan C, serta kalium, serat, dan beta karoten yang berfungsi mencegah peradangan.

Salmon

Salmon kaya akan asam lemak omega-3. Asam lemak ini dapat menghentikan proses peradangan yang penyebabkan nyeri. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang makan ikan secara teratur, terutama ikan berlemak seperti salmon, cenderung memiliki risiko peradangan yang rendah.

Cuka sari apel

Cuka sari apel disebut-sebut memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan nyeri dan peradangan. Cuka sari apel mengandung kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor yang dibutuhkan tubuh. Ini dapat membantu mengurangi rasa sakit. Magnesium dalam cuka sari apel membantu tulang menyerap kalsium, yang penting untuk kekuatan tulang.

Jahe

Menunjukkan sifat anti-inflamasi dan analgesik yang kuat. Sifat ini dapat membantu menghilangkan nyeri tubuh. Studi yang diterbitkan dalam The Journal of Pain, menunjukkan dosis harian jahe meredakan nyeri otot yang disebabkan oleh cedera otot akibat olahraga.

Kunyit

Kunyit adalah salah satu obat terbaik untuk mengobati sakit tubuh. Kunyit telah terbukti efektif dalam mengurangi peradangan seperti beberapa obat anti-inflamasi, berkat senyawa kurkumin. Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi, analgesik, dan penyembuhan yang dapat membantu melawan nyeri tubuh.

Kayu Manis

Kayu manis merupakan salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan untuk membumbui berbagai masakan. Rempah ini memiliki sifat anti-inflamasi, analgesik, dan penyembuhan yang kuat. Sifat penyembuhan pada kayu manis bisa membantu mengobati sakit tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Telur

Telur utuh mengandung banyak nutrisi. Telur kaya protein, kalsium, dan vitamin A. Telur memiliki kesembilan asam amino esensial yang kita butuhkan, dan satu telur mengandung enam gram protein. Keduanya dapat sangat membantu mengatasi nyeri otot di penghujung hari.

Telur juga merupakan sumber lemak yang baik untuk meningkatkan energi. Makan telur rebus sebagai camilan di siang hari dapat meredakan nyeri otot dan memberi Anda cukup protein untuk tetap fokus. Telur membantu perbaikan jaringan. Ini bermanfaat untuk otot dan pemulihan.

Almond

Kacang almond utuh kaya akan nutrisi seperti lemak, serat, dan protein. Baik protein dan lemak memberikan perasaan kenyang dan dapat membantu meningkatkan tingkat energi. Almond juga mengandung vitamin E dan magnesium. Semua nutrisi ini juga bisa mengurangi peradangan penyebab nyeri tubuh.

Oat

Oat kaya serat dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks lebih sulit diurai oleh tubuh. Ini membuat mereka menjadi sumber energi yang tahan lama. Oat juga kaya akan vitamin dan mineral yang bisa mencegah peradangan. Gandum memiliki efek anti-inflamasi. Ini dapat mencegah peradangan yang berhubungan dengan penyakit kronis.

Susu

Minum segelas susu dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan perbaikan dan pemulihan otot. Susu juga mengandung protein whey yang dapat membantu otot tumbuh kuat dan sehat.

Sayuran hijau

Konsumsi sayuran hijau dapat membantu proses metabolisme yang lebih baik. Sayuran hijau menawarkan banyak nutrisi, seperti magnesium, kalsium, dan vitamin B untuk membantu perbaikan otot dan membuat tubuh terasa lebih bugar. Sayuran hijau juga penuh dengan antioksidan, yang dapat membantu mengurangi peradangan, dan menurunkan tingkat stres.

Tidak seperti makanan olahan yang mungkin kehilangan nutrisi untuk umur simpan yang lebih lama, makanan segar seperti sayuran biasanya mengandung nutrisi yang lebih tinggi. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]