10 Manfaat Baking Soda untuk Mencuci Pakaian dan Cara Menggunakannya


Senin,28 September 2020 - 09:31:43 WIB
10 Manfaat Baking Soda untuk Mencuci Pakaian dan Cara Menggunakannya Sumber foto liputan6.com

Baking soda merupakan bahan serbaguna untuk berbagai kebutuhan rumah tangga. Tak hanya berguna untuk masakan dan kue, baking soda juga bisa dimanfaatkan untuk mencuci pakaian. Ada banyak manfaat Baking Soda untuk mencuci pakaian.

Dilansir dari laman liputan6.com, baking soda atau natrium bikarbonat sangat mirip dengan senyawa natrium karbonat yang dikenal sebagai soda cuci. Baking soda dapat berfungsi sama pada cucian. Baking soda bersifat alkali yang sangat ringan. Senyawa ini bisa meningkatkan pH air saat dicampur. Baking soda juga bisa jadi antiseptik ringan yang akan mencegah pertumbuhan bakteri.

Manfaat baking soda untuk mencuci pakaian dapat membersihkan dan mencerahkan warna pakaian. Menggunakan baking soda untuk mencuci pakaian bisa mengurangi ketergantungan bahan kimia yang ada pada deterjen biasa.

Berikut manfaat baking soda untuk mencuci pakaian dan cara menggunakannya yang dirangkum Liputan6.com dari The Spruce, Senin (28/9/2020).

Manfaat Baking Soda untuk mencuci pakaian

Mencerahkan warna pakaian

Baking soda bisa membantu mencerahkan pakaian. Menggunakan baking soda untuk mencuci pakaian akan mencegah pakaian tampak kusam. Tambahkan 1/2 cangkir baking soda ke dalam cucian saat menambahkan deterjen cair biasa. Baking soda akan memberi pakaian warna lebih tajam, lebih cerah, dan pakaian bebas bau.

Bersihkan pakaian berbahan linen

Baking soda bisa sangat efektif menghilangkan noda pada kain linen. Deterjen biasa dapat merusak linen. Baking soda adalah pembersih alami yang dapat memutihkan dan mencerahkan bahan selembut linen.

Cara mencuci linen dengan baking soda adalah mencucinya tanpa tambahan deterjen apapun. Jika linen bernoda, hilangkan terlebih dahulu dengan menggosoknya menggunakan pasta yang terbuat dari baking soda dan air. Lalu gunakan baking soda seperti mencuci biasa untuk mencuci bahan linen.

Hilangkan noda krayon

Krayon merupakan noda yang paling banyak ditemukan pada pakaian anak. Noda krayon yang tercampur dengan pakaian lain terkadang juga bisa melunturkan warnanya ke pakaian lain. Cuci kembali pakaian dengan air terpanas yang diperbolehkan untuk kain dan tambahkan 1/2 bungkus baking soda ke cucian.

Hilangkan bau

Bau pada pakaian dan bau badan disebabkan oleh bakteri. Bakteri dihilangkan ketika molekul deterjen memecah sel bakteri pada kain. Baking soda membantu mengatur tingkat pH dalam air mesin cuci dengan menjaganya agar tidak terlalu asam atau basa. Dengan menambahkan 1/2 cangkir baking soda ke setiap cucian, deterjen dapat bekerja lebih efektif dan mengurangi bakteri penyebab bau.

Untuk masalah bau yang berat seperti keringat atau asap rokok, gunakan baking soda dan air sebagai perendaman. Larutkan 1 atau 2 cangkir baking soda ke dalam air hangat. Isi ember atau bak mesin cuci dengan air dingin dan tambahkan baking soda sampai larut. Tambahkan pakaian bau dan biarkan terendam semalaman lalu cuci seperti biasa.

Pelembut kain

Baking soda membantu mengatur tingkat pH dalam air bilasan mesin cuci dengan menjaganya agar tidak terlalu asam atau basa. Sebagai mineral alami, baking soda tidak terlalu berbahaya bagi lingkungan dibandingkan pelembut kain sintetis dengan parfum yang menutupi bau. Ini juga menjadikannya pilihan yang baik bagi mereka yang memiliki kulit sensitif dan alergi.

Menambahkan 1/2 cangkir baking soda ke setiap siklus pembilasan berfungsi sebagai penyeimbang untuk menangguhkan deterjen atau endapan mineral di dalam air. Ini mencegahnya menempel kembali pada pakaian yang dapat membuat pakaian terasa kaku.

Pelembut air

Di daerah yang sumber airnya memiliki kandungan mineral tinggi (hard water), baking soda dapat mencegah kekeruhan pada pakaian yang dicuci. Tambahkan 1/4 bungkus baking soda ke setiap cucian untuk melembutkan air.

Meningkatkan fungsi pemutih

Pemutih klorin sering digunakan untuk membantu menghilangkan bau dan kotoran umum pada pakaian. Dalam air yang terlalu asam atau basa, pemutih membutuhkan dorongan agar bekerja lebih efektif.

Tambahkan 1/2 cangkir baking soda bersama dengan 1/2 cangkir pemutih. Ini akan membantu mengatur tingkat pH dalam air sehingga pemutih akan bekerja lebih efektif untuk mengurangi bakteri dan melonggarkan noda. Baking soda juga berfungsi baik untuk meningkatkan kinerja deterjen.

Mengontrol busa sabun

Jika Anda menggunakan deterjen biasa pada mesin cuci, busa sabun yang dihasilkan akan sangat banyak dan bisa merusak mesin cuci. Baking soda bisa mengurai dengan cepat busa deterjen. Jika busa meluap di mesin cuci, segera matikan mesin cuci dan ambil sebungkus baking soda. Taburkan langsung pada busa untuk mengurai busa dengan cepat. Baking soda menyerap sebagian kelembapan dan pembersihan akan jadi lebih mudah.

Membersihkan mesin cuci

Baking soda juga bisa jadi pembersih pada mesin cuci. Buat pasta dari baking soda dan air, lalu gunakan untuk mencuci bagian dalam mesin. Oleskan pasta ke kain atau spons dan gosok permukaan bagian dalam mesin; bilas setelah selesai.

Membersihkan setrika

Baking soda adalah bahan abrasif lembut alami. Untuk menghilangkan endapan dan gosong yang menumpuk dari pelat depan setrika dingin, campurkan pasta baking soda dan air. Dengan menggunakan kain putih, gosokkan pasta tersebut ke permukaan setrika. Untuk penumpukan yang sulit, gunakan kain untuk menggosok dengan lembut dan ulangi sampai penumpukannya hilang. Akhiri dengan menyeka pelat depan dengan kain yang dibasahi cuka putih suling. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]