Ini Dia 4 Bahan Tak Biasa Bisa Hilangkan Jerawat


Selasa,06 September 2016 - 08:56:42 WIB
Ini Dia 4 Bahan Tak Biasa Bisa Hilangkan Jerawat (foto: int)

Produk pembersih muka merupakan hal pertama yang terpikirkan ketika ingin menghilangkan jerawat di wajah. Padahal ada bahan-bahan lain yang mungkin terdengar aneh, tapi memiliki khasiat luar biasa untuk menghilangkan jerawat.

Beberapa bahan seperti asam salisilat, benzoil peroksida hingga asam sulfur sering digunakan sebagai obat untuk mengatasi jerawat. Obat jerawat yang dijual bebas di pasaran pun umumnya menggunakan bahan-bahan tersebut sebagai bahan dasar.

Namun, tahukah Anda bahwa baking soda dan cuka apel juga memiliki manfaat yang sama? Dilansir Medical Daily, berikut 4 bahan tak biasa yang bisa bantu hilangkan jerawat di wajah:

1. Baking soda

Baking soda atau soda kue merupakan bahan dapur yang umumnya digunakan untuk membuat kue atau roti. Namun pakar kesehatan dan kecantikan Vicki Lansky, menulis dalam bukunya 'Baking Soda: Over 500 Fabulous, Fun and Frugal Uses You've Probably Never Thought of' tentang manfaat baking soda untuk menghilangkan jerawat.

Disebutkan bahwa baking soda bersifat amfoter yang dapat bereaksi sebagai asam dan basa. Hal ini membuat baking soda memiliki kemampuan untuk menetralisir pH di wajah dan membuka pori-pori wajah sehingga bagian atas kulit yang mengandung minyak berlebih, sel kulit mati hingga debu yang menyebabkan jerawat dapat hilang.

2. Magnesium Hidroksida

Magnesium hidroksida merupakan bahan yang umum ditemukan pada obat untuk mengatasi gangguan pencernaan. Nah, penelitian membuktikan zat ini memiliki manfaat yang sama untuk wajah, di mana magnesium hidroksida mampu mengurangi kandungan minyak yang ada di wajah.

Magnesium hidroksida juga bisa berfungsi sebagai toner. Beberapa tetes magnesium hidroksida membuat kulit lebih kencang dan rileks karena mengandung zinc.

3. Cuka apel

Cuka apel merupakan salah satu produk dengan kandungan anti bakteri dan jamur yang cukup tinggi. Karena itu, masuk akal jika cuka apel disebut bermanfaat untuk menghilangkan debu, minyak dan sel kulit mati yang ada di wajah.

Kadar asam pada cuka apel juga mampu menjaga keasaman dan pH wajah sesuai kadar aslinya yakni 4,5 hingga 5,5.

4. Pepaya

Buah pepaya tak hanya bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dan mengurangi risiko konstipasi. Pepaya mengandung zat papain dan chymopapain yang terbukti memiliki efek anti jamur, anti bakteri dan anti virus.

Masker dari pepaya merupakan alternatif untuk menjaga kesehatan kulit karena tidak merusak keratin dan menjaga kesehatan sel wajah. Pepaya juga bisa mengatasi kulit kering dan komedo.(detik.com)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]