Suhu Dingin Bikin Penyebaran Virus Corona Lebih Besar


Senin,09 Maret 2020 - 11:23:20 WIB
Suhu Dingin Bikin Penyebaran Virus Corona Lebih Besar sumber foto bisnis.com

Berbagai informasi beredar di masyarakat tentang virus corona atau COVID-19. Salah satunya adalah ketahanan virus tersebut ketika berada di tempat bersuhu rendah.

Dilansir dari laman bisnis.com, virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China itu disinyalir mampu bertahan lebih lama ketika berada di tempat bersuhu rendah. Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Ari Fahrial Syam, kemampuan bertahan COVID-19 di suhu rendah terlihat dari tingginya penyebaran virus tersebut di kota-kota yang bersuhu dingin.

"Pusat penyebaran COVID-19: Wuhan 13° C,Qom 19°C,Daegu 11°C, Lombardy 14°C, Hokkaido 0°C. Virus memang lebih lama bertahan di luar pada suhu dingin," demikian disampaikan oleh Ari melalui akun Twitter-nya @DokterAri pada Minggu (9/3/2020).

Adapun sebelumnya, Peneliti bidang mikrobiologi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Sugiyono Saputra mengatakan kemampuan bertahan hidup virus, terutama yang masuk dalam keluarga Coronavirus menurutnya dipengaruhi oleh sejumlah faktor, antara lain jumlah, suhu, hingga kelembaban. Keduanya mampu bertahan hidup lebih lama di kondisi yang lembab dan dingin.

“Memang betul semakin rendah suhu, semakin dingin ketahanannya semakin lama. Namun, jika suhunya semakin panas kira-kira diatas 30 derajat celcius memang ketahannya semakin rendah. Ini bukan karakteristik dari Covid-19 tapi Coronavirus lainnya yang sudah diteliti sebelumnya. Saat ini masih mengacu kesana,” katanya ketika dihubungi oleh Bisnis.com belum lama ini. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]