27 Pasien Positif Corona di RI, Ini Langkah Cegah Virusnya


Rabu,11 Maret 2020 - 09:49:45 WIB
27 Pasien Positif Corona di RI, Ini Langkah Cegah Virusnya sumber foto cnbcindonesia.com

Pemerintah mengumumkan pasien positif virus corona (COVID-19) di Indonesia bertambah 8 orang. Hingga Selasa (10/3/2020) jumlah pasien positif mencapai 27 orang. Sampai saat ini upaya pemberhentian penyebaran virus terus dilakukan.

Dilansir dari laman cnbcindonesia.com, Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto mengatakan, 8 pasien tersebut dinyatakan positif setelah dites hasilnya di laboratorium Batlibangkes dan analisa dokter.

"Hasil lab siang tadi [kemarin] dan analisis bersama ahli. Total jumlah [pasien] baru delapan," kata Yurianto kepada wartawan di kompleks istana kepresidenan Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Yurianto merinci, pasien baru atau kasus 20 merupakan perempuan berusia 70 tahun dan kasus 21 seorang perempuan 46 tahun. Keduanya merupakan hasil penelusuran di klaster Jakarta.

Pasien lainnya yakni kasus 22, perempuan 36 tahun yang merupakan imported case (tertular dari luar). Kemudian pasien selanjutnya yakni kasus 23 seorang perempuan berusia 73 tahun.

"Untuk pasien 23 yang merupakan imported case. Kondisinya sedang menggunakan ventilator, tapi keadaan stabil," tuturnya. Selanjutnya adalah pasien kasus 24 seorang laki-laki berusia 46 tahun. Pasien ini merupakan imported case.

Ada pula dua warga negara asing (WNA), yakni pasien kasus 25 dan pasien kasus 26. Pasien kasus 25 seorang perempuan berusia 53 tahun dan pasien kasus 26 merupakan laki-laki usia 46 tahun.

Terakhir kasus 27 adalah laki-laki berusia 33 tahun. Pasien kasus ke 27, ini kata Yurianto pemerintah masih melakukan penelusuran dari mana penularannya. "Kami menduga ini local transmission. Kami masih memberikan tanda tanya terhadap pasien kasus 27 ini. Jadi total penambahan ada 8 orang positif," kata Yurianto.

Yurianto meminta masyarakat untuk tidak panik, karena pemerintah terus melakukan contact tracing atau penelusuran kontak pasien, agar virus tidak menyebar. "Tracing menjadi penting karena kebanyakan ini menular dekat," ujarnya.

Pemerintah juga masih melakukan pengawasan ketat pintu-pintu masuk kedatangan, dari bandara hingga pelabuhan. Setiap pintu masuk kedatangan baik di bandara atau pelabuhan, semua penumpang dilakukan pengecekan suhu badan.

Langkah berikut adalah imbauan kepada masyarakat. Kepada mereka yang menderita batuk dan pilek, Yuri meminta agar menggunakan masker. Tidak ketinggalan adalah edukasi kepada masyarakat berupa pola hidup sehat. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]