Cegah Penularan Penyakit, Ini Panduan Mencuci Tangan dari CDC


Jumat,13 Maret 2020 - 10:22:50 WIB
Cegah Penularan Penyakit, Ini Panduan Mencuci Tangan dari CDC Sumber foto liputan6.com

Mencuci tangan menjadi salah satu cara untuk mencegah infeksi virus corona COVID-19. Berbagai ahli dan dokter di seluruh dunia menyarankan orang-orang untuk melakukan rutinitas tersebut.

Dilansir dari laman liputan6.com, "Mencuci tangan itu mudah dan itu merupakan salah satu cara paling efektif untuk mencegah penyebaran kuman," tulis Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat dalam laman resminya, dilansir pada Kamis (12/3/2020).

"Tangan yang bersih dapat menghentikan penyebaran kuman dari satu orang ke orang lain dan di seluruh komunitas. Dari rumah sakit dan tempat kerja hingga fasilitas penitipan anak dan rumah sakit," tambah mereka.

Menurut mereka, ada banyak penyakit dan kondisi kesehatan lain yang menyebar karena seseorang tidak mencuci tangan dengan air mengalir yang bersih, tanpa menggunakan sabun.

Mencuci Tangan 20 Detik

Untuk itu CDC mengungkapkan setidaknya ada lima langkah yang bisa dilakukan agar mencuci tangan benar-benar bermanfaat dalam mencegah berbagai penyakit, bukan hanya virus corona. Cara tersebut adalah:

  1. Basahi tangan Anda dengan air bersih yang mengalir, boleh hangat atau dingin, kemudian matikan keran, dan gunakan sabun.
  2. Gunakan sabun di seluruh tangan dengan cara menggosoknya. Bersihkan bagian belakang tangan, di antara jari-jari, serta di bawah kuku.
  3. Bersihkan tangan setidaknya selama 20 detik. CDC mengatakan, waktu ini setidaknya sama dengan menyanyikan lagu "Happy Birthday" sebanyak dua kali.
  4. Bilas tangan Anda dengan air bersih yang mengalir.
  5. Keringkan tangan Anda dengan handuk bersih atau gunakan pengering. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]