Mendagri: Punya Populasi Besar, Indonesia Perlu Produksi Vaksin Corona Sendiri


Jumat,19 Juni 2020 - 09:38:01 WIB
Mendagri: Punya Populasi Besar, Indonesia Perlu Produksi Vaksin Corona Sendiri Sumber foto liputan6.com

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, meyakini Indonesia memiliki kemampuan untuk membuat vaksin Covid-19, secara mandiri. Menurut Tito, para ahli menyatakan vaksi dapat ditemukan pada pertengahan tahun 2021.

Dilansir dari laman liputan6.com, "ahli-ahli menyatakan vaksin (Covid-19) baru ditemukan paling cepat pertengahan tahun 2021, " kata Mendagri di saat kunjungan kerja ke Atambua, NTT, lewat siaran pers diterima, Jumat (19/6/2020).  

Tito meyakini, Covid-19  adalah virus yang dapat menyerang siapa saja. Beda dengan polio yang hanya menyerang anak-anak. "Maka otomatis vaksinasi harus dilakukan terhadap semua umat manusia," lanjut Tito.

Jika vaksin berhasil ditemukan dan diproduksi, minimal, kata Tito dua per tiga dari total populasi harus mendapatkan vaksin. Artinya, kata dia, minimal membutuhkan sekitar 170-an vaksin. Namun, itu pun tak cukup.  

Menurut Tito, vaksinasi peredam virus, tak jarang dilakukan dua kali terhadap satu orang. Jika itu yang terjadi, pengembangan dan vaksin di dalam negeri, membutuhkan produksi dua kali lipat dari kebutuhan minimal. 

"Paling tidak harus 170-an juta penduduk Indonesia harus divaksin. Dan kalau satu orang perlu dua ampul (vaksinasi pertama, dan kedua), berarti ada 340 juta vaksin yang diperlukan," jelasnya.

Indonesia Harus Temukan Vaksin

Karenanya, Mendagri Tito berkeyakinan, mau tidak mau Indonesia harus menemukan vaksinnya sendiri.  "Pak Airlangga Hartarto  (Menko Perekonomian)  menyampaikan paling tidak 170 juta penduduk Indonesia harus divaksin. Ini kira- kira hampir 2/3 penduduk untuk divaksin. Dan kalau satu orang perlu dua ampul vaksin berarti 340 juta vaksin yang diperlukan," ujarnya menandasi. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]