6 Obat Alami buat Asam Lambung Kronis, Bisa Mengontrol Kadar Asam


Senin,22 Juni 2020 - 09:14:58 WIB
6 Obat Alami buat Asam Lambung Kronis, Bisa Mengontrol Kadar Asam Sumber foto liputan6.com

Asam lambung kronis terjadi saat kadar asam dalam lambung dibiarkan tinggi terus menerus. Hal ini akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Dilansir dari laman liputan6.com, tubuh manusia memang membutuhkan asam lambung untuk membantu mencerna makanan. Asam lambunglah yang akan membantu membunuh kuman dalam makanan yang ditelan. Asam lambung juga yang membantu penyerapan nutrisi.

Kadar asam lambung manusia harus normal, tak lebih dan tidak kurang. Sebab, tingginya asam lambung akan membuat asam lambung naik ke kerongkongan. Kondisi ini juga akan membuat lambung mudah terluka atau mengalami peradangan.

Obat alami untuk asam lambung kronis akan membantu asam lambung menjadi kembali normal. Meski tak bisa instan, obat alami ini dipercaya ampuh meredakan gejala maag sebagai salah satu pemicunya.

Obat alami untuk asam lambung kronisi juga mudah ditemukan di pekarangan rumah. Berikut Liputan6.com ulas obat alami asam lambung kronis dari berbagai sumber, Minggu (21/6/2020).

Jahe

Jahe adalah salah satu jenis rempah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya obat alami untuk asam lambung kronis. Hal ini disebabkan karena efek gastroprotektif yang dimiliki jahe. Gastroprotektif ini yang akan menurunkan asam dan pertumbuhan bakteri Helicobacter pylori.

Helicobacter pylori merupakan salah satu jenis bakteri penyebab maag. Pertumbuhan bakteri helicobacter yang tidak terkendali akan berisiko menyebabkan asam lambung kronis. Nah, jika pertumbuhannya dapat dikendalikan dengan jahe, maka asam lambung yang meningkat dapat dihindari. Infeksi pada lapisan lambung tidak akan terjadi.

Cobalah untuk mengolah jahe menjadi teh. Mulai dengan merebus dua potongan jahe dengan air secukupnya. Jika sudah harum, tambahkan madu, gula, atau air perasan lemon. Konsumsilah secangkir teh jahe 20 menit sebelum makan. Batasi juga konsumsi jahe, yakni tidak lebih dari 3-4 gram setiap harinya.

Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki daging buah tebal. Tanaman ini ternyata termasuk obat alami untuk asam lambung kronis. Untuk meredakan asam lambung, lidah buaya bisa diolah menjadi jus. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsinya selama 4 minggu akan membuat asam lambung menjadi normal kembali.

Jus lidah buaya juga sangat ampuh meredakan rasa mual, muntah, perut kembung, dan nyeri dada (hearburn). Mengonsumsinya juga dapat membantu mengurangi peradangan dengan meredakan gejala refluks asam lambung.

Selain dapat mengontrol kadar asam lambung, jus lidah buaya juga mampu mendorong pergerakan usus. Membantu membuang racun, melancarkan pencernaan, menyeimbangkan bakteri pencernaan, dan meredakan peradangan.

Licorice

Licorice termasuk jenis akar Glycyrrhiza glabra. Licorice dapat dijadikan sebagai obat alami untuk asam lambung kronis. Kandungan dalam licorice dapat membantu menebalkan lapisan mukosa pada esofagus. Hal ini membuat iritasi dari kenaikan asam lambung pada kerongkongan dapat dihindari.

Licorice juga bisa membantu meredakan peradangan di saluran pencernaan dan tukak lambung. Cobalah untuk mengonsumsi teh yang diolah dari akar licorice. Meski begitu, batasi juga konsumsinya.

Sekitar 2.5 gram setiap harinya. Sebab, tanaman ini bisa mengakibatkan kadar natrium dan kalium tubuh tidak seimbang. Sehingga akan memicu tekanan darah tinggi.

Madu

Madu ternyata dapat membantu meredakan gejala maag pemicu asam lambung. Agar bisa merasakan manfaatnya, cobalah untuk mengonsumsi madu sebanyak 1 sendok teh setiap harinya. Bisa juga dengan mencampurkan madu bersama segelas air hangat atau teh.

Meski begitu, batasi juga konsumsinya karena kandungan gula dalam madu cukup tinggi. Efek sampingnya akan semakin buruk jika dikonsumsi penderita diabetes. Berikut manfaat madu selain sebagai obat alami untuk asam lambung kronis:

- Berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas pemicu masalah lambung

- Membantu mengurangi peradangan di esofagus atau kerongkongan

- Tekstur cair dan lembut madu bisa membantu melapisi dinding kerongkongan yang terluka karena peradangan

Peppermint

Peppermint termasuk obat alami untuk asam lambung kronis yang bisa diandalkan. Hal ini disebabkan karena peppermint memiliki efek antipasmodik. Efek ini mampu meredam mual, muntah, gangguan pencernaan, dan maag. Cobalah untuk mengonsumsi secangkir teh peppermint setelah makan.

Meski begitu, pappermint hanya dianjurkan untuk mengatasi masalah refluks asam lambung saja. Sebab, peppermint dapat mengendurkan katup pada bawah esofagus. Pappermint tidak dianjurkan untuk kenaikan asam lambung karena penyakit GERD.

Cuka Apel

Cuka apel dipercaya mempu meredakan kenaikan asam lambung. Tidak heran jika banyak yang menjadikan cuka apel sebagai obat alami untuk asam lambung kronis. Namun, sebenarnya belum ada penelitian lebih lanjut mengenai fungsi ini. Beberapa kasus mungkin akan membuat nyeri dada akibat asam lambung semakin terasa.

Ketika muncul sensasi panas pada ulu hati dan dada, sebaiknya konsumsi cuka apel harus dihentikan. Akan lebih baik lagi jika bisa mengonsultasikannya dulu dengan dokter sebelum mulai mengonsumsi obat alami ini. Sebab, cuka apel hanya mampu menurunkan kadar asam lambung kronis bukan karena GERD. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]