Hari Anak Nasional, Ini Tips agar si Kecil Bermain Aman di Rumah


Rabu,22 Juli 2020 - 11:47:18 WIB
Hari Anak Nasional, Ini Tips agar si Kecil Bermain Aman di Rumah ilustrasi foto lifestyle.okezone.com

Menjelang Hari Anak Nasional, sudah saatnya kita memikirkan kebahagiaan dan keamanan anak-anak di segala lini, termasuk bagaimana cara mereka bermain. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang memaksa anak-anak harus bermain di rumah.

Dilansir dari laman lifestyle.okezone.com, meski bermain di rumah, orangtua harus tetap mengawasi si kecil. Hal ini dilakukan karena anak masih membutuhkan bimbingan dalam melakukan berbagai hal termasuk bermain.

Psikolog Anak dan Remaja Vera Itahadiwidjojo S.Psi memberikan tips buat para orangtua agar anak bisa bermain dengan aman di rumah. Simak ya!

1. Awasi anak

Saat bermain di rumah, orangtua memiliki banyak waktu untuk mengawasi anak ketika bermain. Orangtua juga bisa menjadi partner anak ketika bermain. Karena saat ini anak-anak butuh teman untuk bermain di saat mereka tidak bisa berjumpa dengan teman seusianya secara langsung.

2. Pilih permainan berisiko rendah

Pilihlah permainan yang berisiko rendah untuk anak. Jika Anda khawatir anak terjatuh saat bermain petak umpet di rumah, cobalah untuk mengajak anak bermain boneka.

3. Batasi waktu

Anak-anak seringkali lupa waktu ketika bermain. Jika tidak dibatasi, anak-anak bisa bermain seharian. Untuk itu, buat kesepakatan waktu bermain anak agar mereka tidak kecanduan.

4. Pastikan anak terhidrasi        

Saat bermain, anak-anak mungkin juga lupa waktu minum dan makan. Jika hal ini dilewatkan, akibatnya anak akan menjadi rewel karena mereka haus dan lapar. Ada baiknya jika anak-anak diizinkan bermain setelah makan, dan ingatkan juga agar mereka tidak lupa mengambil minum. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]