Tito Harap Vaksin dari China Cocok dengan Tipe Corona di RI


Rabu,22 Juli 2020 - 14:56:11 WIB
Tito Harap Vaksin dari China Cocok dengan Tipe Corona di RI sumber foto cnnindonesia.com

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian berharap vaksin yang ditemukan oleh perusahaan asal China Sinovac Biotech Ltd., CoronaVac, cocok dengan tipe Virus Corona yang enyebar di Indonesia.

Dilansir dari laman cnnidonesia.com, "sehingga kita semua berdoa mudah-mudahan Sinovac, vaksin dari Tiongkok ini cocok dengan virus di Indonesia," kata dia, saat mengisi sebuah Webinar yang dipublikasikan oleh Puspen Kemendagri, Rabu (22/7).

Menurutnya, Virus Corona yang ada di Indonesia berbeda dari tiga tipe virus utama di dunia. Ia menyatakan virus disebut sudah bermutasi di pelbagai belahan dunia. Tiga tipe Virus Corona yang ada di dunia itu antara lain tipe S, tipe G, dan tipe V. Sementara, virus yang ada di Indonesia disebut sebagai tipe lain atau the other yang belum teridentifikasi.

"Karena virus di Cina, Amerika dan Eropa ada yang beda-beda, ada sequence yang berbeda, ya mudahan-mudahan sama," kata Tito. Di sisi lain, kata Tito, masyarakat tak serta merta bisa menggunakan vaksin itu secara massal. Ia menyatakan masih ada proses produksi vaksin secara massal yang rentang waktunya tak sebentar.

Terlebih lagi, kondisi geografis Indonesia yang luas menjadi tantangan tersendiri dalam proses distribusi vaksin. "Memproduksi ratusan juta juga bukan hal yang pendek, lalu distribusinya juga, apalagi kita besar wilayahnya, semua perlu didistribusikan," kata Tito. "Dan konteks Sinovac ini, kalau mudah-mudahan pas, akhir 2021 selesai ini [Corona]," tambahnya.

Diketahui, uji klinis CoronaVac di Indonesia akan dilakukan secara berkolaborasi antara Bio Farma dan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran. Sinovac sendiri merupakan perusahaan biofarmasi yang berbasis di Beijing, China. Perusahaan ini fokus pada penelitian, pengembangan, pembuatan, dan komersialisasi vaksin.

Apabila uji klinis terlewati, Bio Farma akan memproduksi vaksin tersebut di Indonesia. Selain Indonesia, pengujian tahap III vaksin Sinovac juga dilakukan di Brasil dan Bangladesh. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]