Cara Cegah Anak Kena Gangguan Saluran Cerna di Musim Hujan


Kamis,27 Februari 2020 - 16:00:24 WIB
Cara Cegah Anak Kena Gangguan Saluran Cerna di Musim Hujan sumber foto lifestyle.okezone.com,

Selama musim hujan, anak-anak paling rentan mengalami gangguan saluran cerna. Maka itu, orangtua disarankan untuk melakukan pencegahan agar tidak mengancam si kecil.

Dilansir dari laman lifestyle.okezone.com, spesialis Gastroenterologi Anak, dr Frieda Handayani Kawanto, SpA(K), menuturkan, selama musim hujan para orangtua dapat melakukan tiga langkah mencegah gangguan saluran cerna. Beberapa di antaranya dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh anak dan daya tahan tubuh ibu.

“Jadi kalau ibunya enggak sehat dan kurang bersih juga kan nanti anaknya otomatis tertular. Yang kedua yakni mencegah paparan terhadap udara luar seperti kalau lagi musim hujan berenang. Kan itu ada virusnya segala macam sehingga jangan dilakukan,” kata Dokter Frieda, ditemui di Jakarta Pusat, Kamis (27/2/2020).

Selain itu, sambung Dokter Frieda, istirahat cukup juga diperlukan untuk membantu anak terhindar dari masalah pencernaan. Dokter Frieda menjelaskan, anak-anak mmebutuhkan tidur selama 8, 10 dan 12 jam dalam sehari, sesuaikan dengan usia si kecil.

Bukan sekadar mengatur jam tidur, kata Dokter Frieda, selama musim hujan, berikan asupan nutrisi yang tepat pada anak. Sebab sebanyak 70-80 persen antibodi berada di saluran cerna, sehingga harus benar-benar diseimbangkan. "Kebutuhan nutrisi khusus itu supaya si antibodinya bisa tumbuh dengan baik,” tuntasnya. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]