Bikin Enggak Pede, Ini 4 Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut di Pagi Hari


Kamis,08 April 2021 - 10:15:35 WIB
Bikin Enggak Pede, Ini 4 Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut di Pagi Hari Sumber foto liputan6.com

Napas bau ketika bangun tidur di pagi hari seringkali mengganggu dan membuat tak percaya diri. Melansir Everyday Health, salah satu penyebab mulut bau saat pagi hari karena mulut dalam keadaan kering. Ketika mulut kering, bakteri akan berkembang biak dan menimbulkan bau tak sedap.

Dilansir dari laman liputan6.com, "saat Anda tidur, aliran normal air liur Anda menurun," kata Sally J. Cram, DDS, seorang periodontis dan penasihat konsumen American Dental Association. Terlebih, jika Anda mendengkur atau bernapas melalui mulut di malam hari.

Kemungkinan besar, bau mulut akan lebih busuk daripada mereka yang tidak melakukannya. Dikutip dari Healthline, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah bau mulut yang muncul setiap pagi saat bangun tidur.

1. Perhatikan makanan Anda

Hindari makanan beraroma tajam sebelum tidur di malam hari, seperti bawang putih atau kopi. Makanan itu akan meninggalkan bau yang cukup lama di mulut.

2. Menjaga kebersihan gigi

Bakteri penyebab bau mulut menumpuk di antara gigi dan lidah, jadi menyikat gigi saat malam hari dapat membantu meningkatkan kualitas nafas Anda. Pastikan menyikat gigi minimal dua menit. Selain itu, Anda juga perlu menyikat lidah karena bakteri penyebab bau dapat bersembunyi di bagian belakang lidah.

3. Minum air putih

Banyak minum air putih sebelum tidur dapat membuat Anda tetap terhidrasi. Kafein, alkohol, dan rokok bisa membuat mulut kering. Sementara, mulut yang kering dapat membuat bakteri lebih mudah berkembang biak dan menimbulkan bau yang tak sedap.

4. Perhatikan posisi tidur

Produksi air liur akan melamban saat kita tidur. Terlebih, mendengkur atau tidur dengan mulut terbuka dapat membuat mulut semakin kering sehingga semakin sulit melawan bakteri penyebab bau. Umumnya, seseorang yang tidur dalam posisi tengkurap akan lebih sering mendengkur. Karenanya, temukan posisi tidur yang lebih baik dan nyaman agar tak timbul "bau naga" di pagi hari. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]