Tanpa Disadari, 4 Kebiasaan Saat Tidur Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan


Kamis,13 Agustus 2020 - 09:20:57 WIB
Tanpa Disadari, 4 Kebiasaan Saat Tidur Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan Sumber foto liputan6.com

Sebagian besar wanita memiliki masalah dengan berat badan. Tak sedikit wanita yang merasa tak percaya diri dengan berat badan yang mereka miliki. Banyak yang lantas melakukan program diet dan serangkaian olahraga untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Dilansir dari laman liputan6.com, namun, tak banyak yang menyadari bahwa melakukan beberapa kebiasaan sederhana saat tidur bisa membantu mengurangi berat badan dengan sangat mudah.

Berdasarkan penelitian para ahli, ada beberapa kebiasaan saat tidur yang dapat mempengaruhi berat badan. Hal tersebut tentu bisa sangat membantumu yang sedang memiliki niat untuk diet. Melansir dari Dailymail, Selasa (11/8/2020), berikut ulasannya.

1. Tidur Telanjang

Tidur tanpa busana apapun dapat membantu mempercepat penurunan berat badan. Suhu udara memaksa tubuhmu membakar kalori lebih banyak. Saat tubuh kedinginan di malam hari, tubuh akan memanfaatkan lemak untuk memanaskan tubuh. Proses ini juga sejalan dengan metabolisme tubuh yang meningkat sehingga dapat membakar lemak berlebih di malam hari.

2. Camilan

Banyak dari kamu yang tentu menghindari untuk mengonsumsi camilan di malam hari, apalagi menjelang tidur. Jangan salah, mengonsumsi camilan sebelum tidur ternyata dapat mendukung program dietmu. Seperti yang diungkapkan Dr. Michelle Braude ahli diet, bahwa menghindari makanan sebelum tidur akan menghambat tujuanmu menurunkan berat badan.

"Pertama orang yang tidur dengan perut kosong akan sulit tidur. Kedua orang yang menahan makan di malam hari akan melahap sarapan dalam porsi besar di pagi harinya," ungkap dr Michelle.

Oleh karena itu, Michelle menyarankan untuk tetap mengonsumsi cemilan di malam hari. Namun dengan tetap memperhatikan ketentuan, yaitu jenis makanan yang kurang dari 300 kalori dan menghindari junkfood.

Kamu dapat mengonsumsi yoghurt dengan buah, biskuit gandum, sereal dengan susu, roti panggang isi selai kacang, dan makanan ringan lainnya untuk memastikanmu tidur pulas tanpa menambah berat badan.

3. Olahraga Ringan Sebelum Tidur

Melakukan olahraga ringan secara rutin sebelum tidur bisa meningkatkan metabolisme tubuh, bahkan ketika kamu telah berbaring di tempat tidur. Sebuah jurnal tentang Sport Nutrition menemukan bahwa proses metabolisme tubuh berlangsung rata-rata 16 jam setelah olahraga.

Sehingga saat kamu olahraga sebelum tidur, tubuh tetap akan membakar lemak saat kamu beristirahat. Namun, pastikan kamu tidak melakukan olahraga yang berat karena dapat mengganggu tidur lantaran disebabkan oleh denyut jantung yang tinggi.

4. Tidur di Ruangan yang Gelap

Sebuah penelitian dari Universitas Oxford menemukan bahwa wanita yang tidur di ruangan gelap 20 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menjadi gemuk daripada wanita yang tidur di kamar yang terang.

Hal ini karena cahaya dapat mengurangi produksi melatonin, yang mengganggu kualitas tidur. Sehingga kamu bisa tidur lebih nyenyak dan membuat metabolisme tubuh bekerja dengan baik saat terlelap. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]