PDIP Klarifikasi Maksud Puan Minta Sumbar Dukung Pancasila


Kamis,03 September 2020 - 11:30:18 WIB
PDIP Klarifikasi Maksud Puan Minta Sumbar Dukung Pancasila sumber foto cnnindonesia.com

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menjelaskan maksud pernyataan Ketua DPP PDIP bidang Politik Puan Maharani pernyataan yang berharap agar Sumbar menjadi provinsi yang mendukung negara Pancasila.

Dilansir dari laman cnnindonesia.com, menurutnya, Puan ingin mengingatkan seluruh kader PDIP untuk tetap membumikan Pancasila. Menurutnya, Pancasila harus dibumikan di seluruh wilayah Indonesia.

"Maksud Mbak Puan, agar seluruh kader partai mengingatkan bagaimana Pancasila dibumikan. Tidak hanya di Sumbar, tapi juga di Jawa Timur, Jakarta, dan seluruh wilayah NKRI, Pancasila harus dibumikan," kata Hasto dalam konferensi pers yang berlangsung secara virtual, Rabu (2/9).

Dia menerangkan, Puan dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengagumi Sumbar, khususnya dengan keanekaragaman makanannya. Bahkan, menurutnya Megawati sampai meminta Ketua DPD PDIP Sumbar Alex Indra Lukman untuk mengumpulkan resep-resep pembuatan rendang.

"Kami sering mendapatkan cerita keanekaragaman makanannya yang luar biasa. Bagaimana rendang bumbunya begitu membentuk cita rasa makanan yang menyentuh aspek rasa di dalam kualitas makanan. Tidak heran rendang mendapatkan apresiasi sebagai makanan paling enak di dunia," ucapnya.

Selain itu, ujar dia, Megawati juga mengingatkan bahwa Sumbar harus bangga karena memiliki banyak tokoh nasional. Berangkat dari itu, Hasto berkata bahwa maksud dari membumikan Pancasila di Sumbar lebih lebih kepda aspek kebudayaan, nasionalisme, serta hal-hal lain di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

"Sumbar harus bangga karena dari Bumi Minanh lahir begitu banyak tokoh nasional yang kita kenal dan ikut meletakkan dasar-dasar Indonesia merdeka," ucapnya.

Sebelumnya, Puan mengungkapkan harapan agar Sumbar menjadi provinsi yang mendukung negara Pancasila. Hal itu ia sampaikan saat mengumumkan pasangan bakal calon kepala daerah yang didukung PDIP di Pilkada Serentak 2020. Puan tak menjelaskan maksud pernyataan tersebut. Ia hanya mengumumkan dukungan PDIP untuk Mulyadi-Ali Mugni.

"Untuk Provinsi Sumatera Barat, rekomendasi diberikan kepada Ir. Mulyadi dan Drs. H. Ali Mukhni. Merdeka! Semoga Sumatera Barat menjadi provinsi yang memang mendukung negara Pancasila," kata Puan dalam acara yang digelar DPP PDIP secara virtual, Rabu (2/9).

Merespons, Juru Bicara PKSHandi Risza mendesak Puan meminta maaf ke masyarakat Sumbar atas pernyataan yang berharap agar Sumbar menjadi provinsi yang mendukung negara Pancasila.

"Kami meminta Mbak Puan mencabut pernyataannya dan meminta maaf ke seluruh masyarakat Sumatera Barat khususnya kepada keluarga besar founding father bangsa ini," ucap Handi dalam keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Rabu (2/9).

"Mbak Puan, anda telah menyinggung perasaan kami, kami ingin anda cabut kata-kata tersebut, Jangan pernah ragukan nasionalisme masyarakat Sumbar yang telah berjuang melahirkan Pancasila dan berkorban bagi Keutuhan NKRI," imbuhnya. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]