Demi Pemulihan Ekonomi, Pemerintah Target Rp 5 T dari ORI018


Kamis,01 Oktober 2020 - 13:48:31 WIB
Demi Pemulihan Ekonomi, Pemerintah Target Rp 5 T dari ORI018 sumber foto cnbcindonesia.com

Pemerintah menargetkan bisa kantongi Rp 5 triliun dari penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) Seri ORI018 yang mulai ditawarkan hari ini sampai 21 Oktober 2020 pukul 10.00 WIB.

Dilansir dari laman cnbcindonesia.com, "target awal konservatif. Ini biar masyarakat berpikir kok cuma Rp 5 triliun ya, sedikit kuota awalnya. Kalau (permintaan) lebih tinggi dari itu akan ditingkatkan," ujar Direktur Surat Utang Negara Kementerian Keuangan RI, Deni Ridwan saat peluncuran ORI018 secara virtual di Jakarta, Kamis (1/10/2020).

Dia mengatakan ORI018 ini merupakan surat utang tradable yang terakhir tahun ini. Sebab, setelah ini pemerintah akan menerbitkan Sukuk Tabungan (ST) dengan tenor dua tahun namun tidak bisa diperjualbelikan.

"Tahun 2020 adalah tradable terakhir. Banyak masyarakat yang memiliki ekstra cash karena tidak bisa nonton, ke cafe sehingga bisa dioptimalkan ke ORI018. Selain memberikan kupon lebih tinggi dibanding deposito, mudah dicairkan, dan tradable sifatnya," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan RI, Luky Alfirman mengatakan setidaknya ada 4 hal penting yang bisa menjadi panduan investor mengapa ORI018 ini layak untuk dijadikan investasi.

"Instrumen diterbitkan pemerintah, Insha Allah aman. Di luar banyak yang abal-abal ini diterbitkan pemerintah," katanya.

Kedua, ORI08 ini bersifat mudah karena bisa didapatkan secara online di mana saja dan kapan saja. Bahkan dia menyebut, pembelian ORI018 ini bisa dilakukan hanya dalam genggaman saja. Kemudian yang ketiga adalah return atau imbal hasilnya bersifat tetap.

"Return 5,7% sifatnya fixed. Kita juga kerjasama dengan mitra distribusi (midis) yang ikut memasarkan ORI18. Midis terdiri dari bank, perusahaan efek dan fintech. Banyak opsi yang bisa dipakai investor," katanya lagi.

Terakhir, Fitur pada ORI018 kali ini tak hanya membantu masyarakat dalam menentukan investasi tapi juga sekaligus bisa membantu membangun negeri. Hal ini karena, hasil penjualan dari ORI018 ini digunakan untuk pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]