Harga TBS Kelapa Sawit Naik Lagi Pekan Ini


Rabu,14 Oktober 2020 - 08:45:56 WIB
Harga TBS Kelapa Sawit Naik Lagi Pekan Ini sumber foto riaubisnis.id

Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit periode 14 Oktober – 20 Oktober mengalami kenaikan pada setiap kelompok umur. Jumlah kenaikan terbesar terjadi pada kelompok umur 10-20 tahun sebesar Rp13,48/Kg dari harga minggu lalu. Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu ke depan naik menjadi Rp1.995,68/Kg.

Dilansir dari laman riaupos.jawapos.com, Kepala Dinas Perkebunan Riau Zulfadli melalui Kabid Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Defris Hatmaja mengatakan, kenaikan harga TBS ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Untuk faktor internal, naiknya harga TBS periode ini dengan persentase yang sedikit disebabkan oleh terjadinya kenaikan dan penurunan harga jual CPO dan kernel dari beberapa perusahaan yang menjadi sumber data.

"Untuk harga jual CPO, PTPN V mengalami penurunan harga sebesar Rp84,08/kg, Sinar Mas Group mengalami penurunan harga sebesar Rp23,00/Kg, PT. Astra Agro mengalami penurunan harga sebesar Rp231,00/kg, PT Asian Agri Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp7,43/Kg dari harga minggu lalu, PT Citra Riau Sarana mengalami kenaikan harga sebesar Rp136,00/Kg dari harga minggu lalu. PT. Musim Mas pada minggu ini melakukan penjualan sebesar Rp9,468/Kg," katanya.

Sedangkan untuk harga jual kernel, PT Astra Agro mengalami penurunan harga sebesar Rp45,46/Kg, PT Asian Agri Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp64,00/Kg dari harga minggu lalu dan PT. Citra Riau Sarana mengalami kenaikan harga sebesar Rp18,45/Kg dari minggu lalu.

"Sementara dari faktor eksternal, kenaikan harga TBS minggu ini karena harga CPO untuk kontrak pengiriman Desember di Bursa Malaysia Derivatif Exchange menguat 3,19 persen ke level RM 3.004/ton. Level RM 3.000 merupakan posisi harga CPO pada bulan Januari awal tahun ini," sebutnya.

Selain itu, ada beberapa faktor yang membuat harga CPO terus mengalami reli dan cenderung kokoh berada di rentang level tertingginya sejak bulan Februari lalu. Memang produksi CPO baru memasuki periode musim produksi puncak di Indonesia dan Malaysia. Dalam jangka pendek sentimen positif penggerak pasar adalah adanya fenomena pembelian minyak sawit dalam jumlah besar untuk meningkatkan stok di India menjelang perayaan Diwali November nanti.  "Kebijakan stocking China dengan pembelian minyak sawit dalam volume besar juga turut menjadi sentimen pendongkrak harga," jelasnya. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]