17 Ciri-Ciri Ginjal Bermasalah, Ketahui Cara Tepat Menjaganya


Jumat,23 Oktober 2020 - 10:04:40 WIB
17 Ciri-Ciri Ginjal Bermasalah, Ketahui Cara Tepat Menjaganya Sumber foto liputan6.com

Mengenali ciri-ciri ginjal bermasalah adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatannya. Ginjal yang bermasalah biasanya berkaitan dengan fungsi dasar yang terganggu.

Dilansir dari laman liputan6.com, fungsi dasar ginjal yang terganggu, tak hanya berdampak pada saluran kencing saja. Melainkan bisa terlihat pada seluruh bagian tubuh yang disederhanakan dengan ciri-ciri ginjal bermasalah ini.

Bagian-bagian tubuh yang bisa digunakan untuk mengenali ciri-ciri ginjal bermasalah ada banyak sekali. Mulai dari saluran kencing, area mata, wajah, kulit, betis, kaki, mulut, otot, saluran cerna, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk bisa lebih dalam mengenali, berikut Liputan6.com ulas ciri-ciri ginjal bermasalah dari berbagai sumber, Jumat (23/10/2020).

Ciri-Ciri Ginjal Bermasalah

Sering Buang Air Kecil

Ketika intensitas buang air kecil meningkat, waspadai. Kondisi ini bisa menjadi salah satu ciri ginjal bermasalah. Bisa jadi tanda stadium awal penyakit ginjal juga. Terutama ketika merasa ingin buang air kecil lebih sering pada malam hari. Kondisi seperti ini terjadi karena ginjal tak bisa menyaring dengan baik. Dampaknya frekuensi ingin buang air kecil meningkat.

Urine Berbusa dan Berdarah

Urin yang berbusa bisa menjadi tanda urin yang kelebihan protein. Bentuk busa urinnya mirip dengan telur orak-arik karena protein pembentuknya sama-sama albumin. Ciri-ciri ginjal bermasalah juga terlihat dari warna urin. Urin yang berbuih, berwarna lebih pekat, dan disertai bercak merah harus diwaspadai. Segera konsultasikan dengan dokter agar penanganan tepat bisa dilakukan.

Area Mata Membengkak

Mata yang terus mengalami pembengkakan termasuk ciri-ciri ginjal bermasalah. Kondisi ini terjadi ketika protein albumin bocor ke luar jaringan, tepatnya di area mata. Pada kondisi normal, protein ini seharusnya tersimpan di bagian-bagian tubuh yang kendor.

Badan Gatal

Ketika mengalami badan gatal dengan penyebab yang tidak jelas, jangan disepelekan. Gatal yang tidak jelas ini termasuk ciri-ciri ginjal bermasalah. Kondisi ini terjadi karena ginjal tak membuang limbah dari aliran darah dengan benar. Akhirnya terjadilah penumpukan limbah yang membuat tubuh terasa lebih sering gatal.

Mulut Bau

Mulut yang bau memang banyak sekali penyebabnya. Mulai dari bakteri di mulut, masalah tukak lambung, dan tenggorokan. Meski begitu, mulut yang bau juga termasuk ciri-ciri ginjal bermasalah.

Dampak dari penumpukan limbah atau uremia bisa menyebabkan mulut menjadi bau. Mirip dengan mulut bau karena masalah tukak lambung, baunya tetap timbul meski sudah menggosok gigi. Namun mulut yang bau karena ginjal bermasalah memiliki aroma yang berbeda. Bukan bau makanan yang membusuk seperti di lambung. Melainkan bau amis dan mirip bau kencing.

Betis dan Kaki Bengkak

Perhatikan dengan saksama jika tiba-tiba betis dan kaki lebih besar dari biasanya. Kondisi ini terjadi karena ada pembengkakan. Hal ini pula yang menandakan adanya masalah pada ginjal.

Betis dan kaki yang membengkak termasuk gejala penyakit ginjal stadium awal. Sementara untuk area kaki yang dimaksudkan termasuk pada pergelangan. Pembengkakan ini terjadi karena ada penumpukan sodium dalam tubuh.

Badan Cepat Lelah

Ciri-ciri ginjal bermasalah selanjutnya badan cepat lelah. Hal ini disebabkan karena ginjal yang sehat biasanya memproduksi hormon eritropoietin (EPO) dan memicu produksi sel darah merah yang berguna membawa oksigen.

Namun ketika ginjal bermasalah, tentu produksi EPO jadi lebih sedikit dari biasanya. Inilah yang membuat tubuh cepat lelah bahkan bisa sampai anemia. Di sinilah pentingnya lebih mewaspadai tubuh yang cepat merasa lelah.

Wajah Bengkak

Tak hanya betis dan kaki yang membengkak yang harus diwaspadai. Ciri-ciri ginjal bermasalah terlihat dari wajah yang mulai membengkak tanpa alasan yang jelas. Kondisi ini terjadi karena cairan yang seharusnya dikeluarkan dari dalam tubuh tak dikelola baik oleh ginjal. Pada akhirnya penumpukan cairan di tubuh terjadi dan bikin bengkak wajah.

Sulit Tidur

Sulit tidur atau insomnia adalah ciri-ciri ginjal bermasalah yang umum terjadi. Tak hanya disebabkan karena intensitas urin berlebih pada malam hari. Kondisi ini terjadi karena ginjal tak menyaring racun dengan baik. Dampak buruknya, darah terkontaminasi racun dan membuat pikiran tidak tenang.

Sulit Berpikir Jernih

Ciri-ciri ginjal bermasalah yang kerap diabaikan adalah ketika seseorang sulit berpikir jernih. Ketika kondisi ini terjadi, penumpukan racun dalam darah tengah terjadi. Penumpukan racun terjadi karena ginjal tak bisa bekerja sebagaimana mestinya untuk menyaring racun.

Ginjal yang bermasalah juga bisa menyebabkan produksi hormon eritropoetin menurun. Hormon ini memiliki fungsi meningkatkan produksi sel darah merah yang baru. Maka dari itu ketika produksinya menurun, kadar oksigen dalam otak juga ikut menurun dan membuat konsentrasi buyar.

Kehilangan Nafsu Makan

Seseorang yang menderita penyakit ginjal biasanya memiliki berat badan yang kurang. Hal ini disebabkan karena ginjal yang bermasalah memengaruhi nafsu makan. Salah satu pemicunya adalah ketika racun dalam tubuh tak dikeluarkan dengan baik oleh ginjal.

Kulit Kering

Kulit kering yang terjadi secara tiba-tiba dan tak dipengaruhi cuaca harus diwaspadai. Kondisi ini termasuk ciri-ciri ginjal bermasalah. Fungsi ginjal yang seharusnya adalah menghasilkan sel darah merah dan memastikan asupan mineral dalam dosis yang tepat. Sementara ketika bermasalah, asupan mineral tak bisa tercukup dan nutrisi darah semakin terbatas. Tak heran jika kondisi ini pada akhirnya berdampak pada kulit yang mengering.

Otot Kram

Ketika mengalami otot yang tiba-tiba kaku dan kram, waspadai. Apalagi jika kondisi ini tak dipengaruhi oleh aktivitas berat. Otot kram termasuk ciri-ciri ginjal bermasalah. Hal ini dipengaruhi oleh elektrolit yang tidak seimbang dalam tubuh dan membuat asupan kalsium menurun.

Napas Pendek

Napas pendek tak hanya berkaitan dengan masalah saluran pernapasan. Kondisi seperti ini bisa menjadi ciri-ciri ginjal bermasalah. Tepatnya ketika cairan ekstra dalam tubuh menumpuk di paru-paru akibat ginjal yang rusak.

Mual

Ciri-ciri ginjal bermasalah selanjutnya adanya rasa mual dan ingin muntah. Rasa mual dan ingin muntah yang dialami lebih berisiko terjadi setelah mengonsumsi makanan. Hal ini juga berbahaya jika tidak segara ditangani, sebab badan akan semakin lemah jika tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup.

Rasa Logam pada Lidah

Uremia bisa terjadi ketika ginjal bermasalah. Tepatnya ketika terjadi penumpukan limbah dalam darah. Kondisi seperti ini tak hanya berdampak pada saluran kencing, tetapi juga indra pengecap. Orang yang ginjalnya bermasalah biasanya akan merasakan logam pada lidahnya dan membuat nafsu makan terus menurun.

Berat Badan Turun

Uremia membuat seseorang kehilangan nafsu makan karena rasa logam pada lidahnya. Ciri-ciri ginjal bermasalah juga bikin perut sering mual dan ingin muntah. Enggak heran kalau dampaknya bikin berat badan turun drastis. Tentu saja karena asupan nutrisi dalam tubuh tak terpenuhi dengan baik. Ditambah lagi racun yang tak bisa segera dikeluarkan oleh tubuh melalui ginjal.

Cara Menjaga Ginjal Tetap Sehat

Kurangi Sodium

Supaya kesehatan ginjal terus terjaga dengan baik, hindari konsumsi sodium secara berlebihan. Jumlah sodium harian yang direkomendasikan adalah 2.300 miligram atau sekitar satu sendok teh garam.

Kurangi Daging Merah

Daging merah memiliki kadar protein yang tinggi. Zat gizi tersebut sebenarnya baik untuk pertumbuhan dan regenarasi sel. Jika asupannya berlebihan, protein bisa menumpuk dan membuat kerja ginjal semakin berat. Hal tersebut berpotensi menyebabkan asidosis atau perubahan kondisi darah menjadi lebih asam.

Tinggalkan Soda

Minuman bersoda memiliki kandungan kalori yang tinggi dan tidak mengandung nilai gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, soda juga memiliki zat aditif fosfor yang dapat membahayakan kesehatan ginjal Anda.

Tinggalkan Makanan Olahan

Kerupuk, keripik kentang, krim keju, dan olahan kentang instan adalah semua contoh makanan olahan yang kaya akan natrium dan aditif fosfor. Karenanya, jenis makanan tersebut dapat mengancam kesehatan ginjal Anda.

Kurangi Gula

Kelebihan gula dapat menyebabkan diabetes dan obesitas, yang terkait dengan penyakit ginjal.

Banyak Minum Air Putih

Setiap orang harus meninum paling sedikit 2 liter atau 8 gelas air putih dalam sehari. Jika Anda minum air kurang dari itu, ginjal harus bekerja ekstra untuk menyaring darah dan racun di dalam tubuh. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]