6 Cara Mengobati Sakit Leher, Kurangi Ketegangan


Selasa,28 Desember 2021 - 15:23:09 WIB
6 Cara Mengobati Sakit Leher, Kurangi Ketegangan sumber foto cnnindonesia.com

Nyeri pada leher akan terasa sangat mengganggu. Leher bakal terasa kaku dan tak nyaman digunakan untuk beraktivitas sehari-hari. Ada beberapa cara mengobati sakit leher yang bisa Anda coba. Cara-cara ini bisa dilakukan secara alami, tanpa obat.

Dilansir dari laman cnnindonesia.com. Leher yang terasa kaku dan sakit menjadi salah satu masalah kesehatan yang paling umum dialami banyak orang. Penyebabnya beragam, mulai dari kebiasaan menggunakan gawai yang salah, postur tubuh yang kurang tepat, stres, hingga cedera.

Cara Mengobati Sakit Leher
Agar rasa kaku pada leher tak sampai mengganggu keseharian Anda, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri. Berikut cara alami mengatasi leher kaku.

1. Kompres dingin atau panas
Kompres, baik dingin atau panas, dapat mengurangi inflamasi. Anda bisa melakukan kompres dingin dengan es balok yang dibungkus oleh handuk dan taruh pada bagian leher. Cara ini dapat mengurangi inflamasi. Hal yang sama juga didapatkan oleh kompres panas yang dapat memperlancar peredaran darah.

2. Pijat
Pijat memang bisa jadi salah satu pilihan cara mengatasi leher kaku. Pijat dapat membantu melemaskan otot sekitar leher. Hanya saja, lakukan pijat dengan tenaga profesional. Pijat yang dilakukan sembarangan bisa memicu cedera.

3. Kurangi stres
Stres jadi salah satu pemicu leher yang tegang. Mengurangi stres bisa jadi cara mengobati sakit leher secara alami. Anda bisa mengurangi stres dengan berbagai cara yang sesuai, mulai dari meditasi, pergi berlibur, bertemu teman, hingga melakukan hobi.

4. Peregangan
Peregangan dapat membantu mengurangi rasa sakit pada leher. Lakukan peregangan dengan cara memutar pundak ke depan dan belakang. Tekan tulang belikat secara bersamaan dan lakukan peregangan dengan gerakan menoleh ke kiri dan kanan. Namun, pastikan agar gerakan dilakukan dengan perlahan dan tidak tergesa-gesa.

5. Pastikan posisi tidur yang tepat
Posisi tidur bisa menyebabkan leher terasa kaku. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan kasur, bantal, serta posisi tidur yang tepat.

6. Akupunktur
Akupunktur juga jadi salah satu cara mengobati sakit leher secara alami. Terapi ini telah dilakukan sejak ratusan tahun lalu sebagai metode pengobatan tradisional di Asia Timur. Akupunktur merupakan metode pengobatan yang melibatkan penggunaan jarum. Jarum itu ditusukkan ke titik-titik tertentu pada tubuh. (RF)


 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]