Waspadalah, 3 Tanda Depresi yang Mungkin Anda Tak Sadari


Rabu,11 November 2020 - 09:48:12 WIB
Waspadalah, 3 Tanda Depresi yang Mungkin Anda Tak Sadari sumber foto lifestyle.okezone.com,

Depresi merupakan salah satu tanda bahwa jiwa Anda sedang tidak baik-baik saja. Namun tak semua orang menyadari ini, bahkan sebagian ada yang menghiraukannya.

Dilansir dari laman lifestyle.okezone.com, yang melansir dari laman The Health, dalam budaya China dan Korea depresi dianggap sebagai mitos. Jadi seorang pasien banyak yang tak menyadarinya, dan menganggapnya hanya kelelahan biasa padahal hal itu ada hubungannya dengan masalah psikologis.

Nah, berikut ini tanda-tanda depresi yang mungkin saja Anda tak menyadarinya. Simak ya.

1. Selalu kelelahan atau tak berenergi

Selalu kelelahan adalah gejala umum depresi. Kadang-kadang seseorang akan mengalami tingkat energi yang lebih rendah, dan bisa merasa lesu di pagi hari, berharap untuk tetap di tempat tidur dan menonton TV daripada pergi bekerja.

Meskipun sebagian percaya bahwa kelelahan berasal dari stres, depresi juga dapat menyebabkan kelelahan. Namun, tidak seperti kelelahan sehari-hari, kelelahan yang berhubungan dengan depresi juga dapat menyebabkan masalah konsentrasi, perasaan mudah tersinggung, dan apatis.

2. Nyeri punggung atau pegal di sekujur tubuh

Anda mungkin merasa baik-baik saja saat pagi hari, tetapi begitu mulai bekerja di kantor atau duduk di meja sekolah, punggung akan mulai terasa sakit. Hal ini bisa jadi stres, atau tanda Anda sedang depresi. Meskipun sering dikaitkan dengan mengalami cidera, sakit punggung juga bisa menjadi gejala gangguan psikologis.

Psikolog dan psikiater telah lama percaya, bahwa masalah emosional dapat menyebabkan sakit dan nyeri kronis, tetapi hal spesifiknya masih diteliti, seperti hubungan antara depresi dan respons peradangan tubuh.

3. Masalah pencernaan atau jadwal buang air besar yang tidak teratur

Masalah pencernaan, seperti sembelit dan diare bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman. Seringkali disebabkan oleh keracunan makanan atau virus gastrointestinal, serta kerap mudah untuk mengasumsikan bahwa ketidaknyamanan usus berasal dari penyakit fisik. Bisa jadi ketika perut Anda tiba-tiba tidak nyaman, juga mengalami gangguan pencernaan ternyata sedang mengalami depresi cukup parah. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]