PR Jokowi buat Menteri Ekonomi Hindari Resesi Tak Berujung


Selasa,24 November 2020 - 09:43:04 WIB
PR Jokowi buat Menteri Ekonomi Hindari Resesi Tak Berujung sumber foto finance.detik.com

Ekonomi RI kini tengah terpuruk dalam jurang resesi akibat pandemi COVID-19. Namun pemerintah yakin masa buruk telah berlalu dan fase perbaikan tengah berlangsung.

Dilansir dari laman finance.detik.com, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai, perbaikan ekonomi bisa dilihat dari pertumbuhan ekonomi yang koreksinya semakin mengecil setiap kuartalnya. Dia pun berpesan kepada para menterinya di bidang ekonomi untuk terus memperbaiki situasi ekonomi sehingga kuartal IV-2020 tahun ini bisa kondisi ekonomi bisa lebih baik.

"Saya kira sudah saya sampaikan minggu yang lalu tren di kuartal II-2020 dari -5,32% membaik di kuartal III-2020 -3,49%. Ini juga harus terus diperbaiki agar di kuartal IV-2020 menjadi lebih baik dari kuartal III-2020," ucapnya saat membuka rapat terbatas, Senin (23/11/2020).

Untuk proses pemulihan ekonomi, Jokowi berpesan agar kebijakan terus berfokus terhadap hal yang berkaitan dengan lapangan kerja. Untuk itu UMKM menjadi salah satu sektor fokus kebijakan pemerintah dengan harapan bisa menciptakan lapangan kerja baru di masa sulit ini.

"Berikan perhatian khusus untuk hal-hal yang berkaitan dengan pembukaan lapangan kerja. Dan yang paling dibutuhkan saat ini adalah meningkatkan konsumsi rumah tangga dengan mendorong usaha kecil, usaha mikro, usaha menengah dan besar harus didorong untuk mulai bergerak," ucapnya.

Jokowi menilai realisasi anggaran terkait dengan hal itu juga sudah cukup baik. Misalnya untuk program subsidi gaji realisasi anggarannya sudah mencapai 82% dan program Banpres Produktif untuk pemberian modal pelaku usaha mikro sudah mencapai 79%. "Saya kira ini terus didorong agar bisa membantu meningkatkan daya beli masyarakat," tuturnya. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]