Kelompok yang Berisiko Alami Long Covid Usai Sembuh dari Virus Corona COVID-19


Jumat,04 Desember 2020 - 11:24:38 WIB
Kelompok yang Berisiko Alami Long Covid Usai Sembuh dari Virus Corona COVID-19 Sumber foto liputan6.com

Long Covid menjadi satu kondisi yang harus diwaspadai oleh penyintas COVID-19, meskipun sudah dinyatakan terbebas dari Virus Corona.

Dilansir dari laman liputan6.com, Long Covid sendiri dapat diartikan sebagai suatu kondisi atau gejala yang muncul pada penyintas COVID-19 setelah dia dinyatakan sembuh, berdasarkan hasil swab test yang sudah negatif.

Dokter spesialis paru Agus Dwi Susanto, mengungkapkan, ada beberapa kelompok yang harus lebih waspada Long Covid apabila dirinya sudah sembuh dari Virus Corona.

"Long Covid ini sebenarnya laporannya bisa muncul pada semua populasi, hanya proporsinya berbeda-beda, tetapi ada beberapa kelompok yang memiliki risiko lebih tinggi" kata Agus dalam dialog dari Graha BNPB, Jakarta pada Kamis (3/12/2020).

Beberapa kelompok yang berisiko lebih tinggi terhadap Long Covid tersebut misalnya orang dengan komorbid atau penyakit bawaan, lansia, atau orang-orang yang berisiko penyakit kronis, seperti mereka yang memiliki kebiasaan merokok.

Semua Kelompok Tetap Harus Waspada Long Covid

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa orang-orang di luar kelompok yang telah disebutkan tadi, mengalami Long Covid apabila dirinya sembuh dari COVID-19, misalnya di usia muda. "Beberapa laporan bahkan tidak memiliki penyakit komorbid bisa muncul Long Covid," kata Agus, yang juga Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia ini.

"Jadi memang ada beberapa hal yang belum bisa kita ketahui pada beberapa populasi, misalnya seperti tanpa komorbid, tanpa faktor risiko, itu bisa terjadi," Agus menambahkan. Agus, mengatakan, hingga saat ini belum ada studi untuk mempelajari fenomena Long Covid pada penyintas COVID-19 di Indonesia.

"Kita di Indonesia belum punya data, tentu ini jadi PR kita untuk melihat seberapa besar Long Covid pada pasien pasca COVID-19 ini, dan akan menjadi suatu gambaran nanti ke depannya untuk bisa memberikan edukasi kepada masyarakat," kata Agus.

Maka dari itu, Agus mengatakan bahwa ketimbang mengalami gejala Long Covid meski sudah sembuh dari COVID-19, lebih baik terhindar sama sekali dari Virus Corona. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]