Hari HAM Sedunia, Jokowi: Pemerintah Tak Pernah Berhenti Tuntaskan Masalah HAM


Kamis,10 Desember 2020 - 11:52:24 WIB
Hari HAM Sedunia, Jokowi: Pemerintah Tak Pernah Berhenti Tuntaskan Masalah HAM sumber foto news.detik.com

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah berkomitmen untuk melindungi dan menegakkan hak asasi manusia (HAM) di Indonesia. Jokowi juga menegaskan, pemerintah selama ini tak pernah berhenti untuk menuntaskan masalah HAM masa lalu.

Dilansir dari laman news.detik.com, pernyataan itu disampaikannya dalam rangka memeringati Hari HAM Sedunia Tahun 2020. Pidato Jokowi itu disiarkan melalui kanal YouTube Kemitraan Indonesia, Kamis (10/12/2020).

"Kita mempunyai komitmen yang sama bahwa penghormatan perlindungan dan pemenuhan HAM menjadi pilar penting bagi Indonesia untuk menjadi bangsa yang lebih beradab, lebih tangguh dan lebih maju. Pemerintah tidak pernah berhenti untuk menuntaskan masalah HAM masa lalu secara bijak dan bermartabat," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, penuntasan masalah HAM masa lalu harus dilakukan demi kemajuan bangsa. Dia juga telah menugaskan Menko Polhukam untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

"Kita harus bekerjasama menyelesaikannya dan mencurahkan energi kita untuk kemajuan bangsa. Melalui menkoplhukam saya telah menugaskan agar penyelesaian masalah masa lalu terus dilanjutkan yang hasilnya bisa diterima semua pihak serta diterima di dunia internasional," ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan komitmen pemerintah dalam menegakkan HAM di Indonesia juga telah dituangkan dalam Rencana Aksi Nasional HAM 2020-2025. "Hak sipil dan politik, serta hak ekonomi dan sosial serta budaya harus dilindungi secara berimbang dan tidak ada satupun yang terabaikan," kata Jokowi.

Jokowi juga menyinggung mengenai krisis kesehatan hingga ekonomi yang dialami Indonesia akibat pandemi COVID-19. Dia menegaskan, pemerintah terus bekerja keras agar krisis tersebut tidak memengaruhi pemenuhan HAM.

"Selain itu kita masih menghadapi beberapa masalah yang harus kita selesaikan, saya mendengar masih ada masalah kebebasan beribadah di beberapa tempat, untuk itu saya minta agar aparat pemerintah pusat daerah secara aktif dan responsif untuk menyelesaikan masalah ini secara damai dan bijak," tuturnya.

Jokowi memastikan, pemerintah akan terus berupaya memenuhi hak-hak warga negara Indonesia. Mulai dari pembangunan infrastruktur, hak pangan, hak kebutuhan dasar, hak mobilitas kesehatan hingga pembangunan sumber daya manusia.

"Saya juga memberikan perhatian khusus kepada saudara-saudara kita , penyandang disabilitas kita telah membentuk komisi nasional disabilitas dan berorientasi pada pendekatan hak asasi manusia. Saya juga menyambut baik festival tahunan kota ramah ham atas kerjasama pemerintah Komnas HAM dan masyarakat pemerhati HAM," ungkap Jokowi. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]