Jumlah Pulau di Indonesia, Traveler Harus Tahu


Rabu,13 Januari 2021 - 09:47:42 WIB
Jumlah Pulau di Indonesia, Traveler Harus Tahu sumber foto okezone.com

Indonesia merupakan negara kepulauan yang secara geografis dua pertiga luas lautnya lebih besar dari daratan. Namun tak banyak traveler tahu berapa jumlah pulau yang ada di Indonesia.

Dilansir dari laman okezone.com, pernyataan tersebut didukung adanya garis pantai hampir di setiap pulau Indonesia yang panjangnya kurang lebih 81.000 km. Sehingga jumlah pulau di Indonesia sangat banyak.

Dengan panjang garis pantainya, Indonesia menempati urutan kedua setelah Kanada sebagai negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia. Selain hal itu, Indonesia juga memiliki pulau yang besar seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Lewat situs Britannica, Kalimantan merupakan urutan ketiga terbesar di dunia dengan luas 755.000 kilometer persegi, sedangkan Sumatera urutan keenam dengan luas 480.793 kilometer persegi. Negara kepulauan Indonesia tentunya memiliki pulau-pulau kecil yang ada disekeliling pulau-pulau besarnya. Saking banyaknya pulau kecil tersebut, jumlahnya pun mencapai belasan ribu. Lalu, berapa sebenarnya jumlah pulau di Indonesia?

Berdasarkan data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), pada tahun 2017, secara resmi Indonesia mengklaim 2.590 pulau bernama ke Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), sehingga pulau bernama di Indonesia bertambah menjadi 16.056 pulau.

Dikutip lewat situs Kemendagri, penyelenggaraan Rapat Koordinasi Penyamaan Persepsi Jumlah Pulau di Indonesia Tahun 2020 secara virtual pada September 2020 dengan diprakarsai oleh Direktorat Toponimi dan Batas Daerah Ditjen Bina Adwil Kemendagri.

Rapat tersebut dihadiri pejabat dan staf teknis Pusat Kelautan dan Lingkungan Pantai BIG, Pusat Pemetaan Rupabumi dan Toponim BIG, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL dan Direktorat Toponimi Angkatan Darat.

Berdasarkan Berita Acara Penetapan Jumlah Pulau Hasil Validasi dan Verifikasi sampai akhir tahun 2019 Indonesia memiliki jumlah pulau sebanyak 17.491. Namun dari jumlah tersebut sebanyak 470 pulau tersebut masih perlu ditelaah ulang dan sebanyak 482 pulau diverifikasi ulang oleh Kemendagri.

Jumlah pulau yang sudah terverifikasi spasial (memiliki nama, koordinat dan poligon) sebanyak 16.684 pulau, jumlah pulau yang dinyatakan valid setelah ditelaah sebanyak 17.162 per April 2020 dan menyisakan 229 pulau yang masih akan ditelaah. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]