13 Makanan Sehat yang Dapat Membangkitkan Semangat, Penuh Nutrisi


Selasa,26 Januari 2021 - 09:49:16 WIB
13 Makanan Sehat yang Dapat Membangkitkan Semangat, Penuh Nutrisi Sumber foto hot.liputan6.com

Makanan sehat yang dapat membangkitkan semangat bisa dijadikan konsumsi sehari-hari. Berbagai masalah yang terjadi setiap harinya dapat membuat kamu tidak bersemangat dalam menjalani keseharian. Untuk mengembalikan semangat, kamu bisa mengonsumsi makanan tertentu

Dilansir dari laman hot.liputan6.com, sejumlah pakar berpendapat bahwa mengonsumsi makanan yang tepat dapat membuat kamu bersemangat untuk menjalani hari. Makan makanan yang tepat merupakan cara sederhana untuk membantu membangun mood kamu yang terganggu.

Makanan sehat yang dapat membangkitkan semangat juga mengandung nutrisi yang melimpah. Kamu bisa mengonsumsinya secara rutin dengan porsi yang tepat agar mendapatkan manfaat kesehatannya, dan selalu bersemangat saat menjalani aktivitas.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/1/2021) tentang makanan sehat yang dapat membangkitkan semangat.

Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu makanan sehat yang dapat membangkitkan semangat. Oatmeal merupakan sumber karbohidrat kompleks yang penuh serat dan gizi penting untuk tubuh. Makanan ini dinilai sebagai makanan sehat karena lebih lambat untuk dicerna sehingga memasok energi secara merata. Kamu bisa mengonsumsi semangkuk oatmeal saat sarapan untuk meningkatkan mood dan membangkitkan semangat dalam menjalani hari.

Pisang

Pisang sangat murah harganya, mudah dimakan dan rasanya lezat. Manfaat penting pisang adalah ini mampu mengembalikan mood dan memfokuskan kembali pikiran. Selain itu, pisang mengandung tyrosine yang berfungsi menenangkan. Pisang akan sangat membantu kamu untuk mengatasi panik dan stres yang melanda ketika mengerjakan tugas dari kantor.

Salmon

Salmon sangat berguna dalam meningkatkan daya kerja otak, karena mengandung asam lemak Omega yang berfungsi untuk memperbaiki jaringan otak. Salmon sangat dianjurkan untuk proses diet sehat, dan juga sangat baik bagi karyawan untuk meningkatkan produktifitasnya dalam bekerja.

Telur

Makanan sehat yang dapat membangkitkan semangat berikutnya adalah telur. Hal ini disebabkan karena telur dapat memberikan suplai energi yang efektif. Satu butir telur hanya mengandung 70 kalori dan memiliki 6 gram protein. Telur memberikan “bahan bakar” yang dilepaskan perlahan, sehingga tubuh menjadi lebih berenergi. Protein dan kalori di dalam telur membantu meningkatkan energi, memberikan rasa kenyang, dan juga terdapat kandungan vitamin dan mineral lainnya di dalam telur untuk nutrisi di dalam tubuh.

Kacang Polong

Kacang polong adalah sumber protein yang hebat dan menjadi salah satu makanan sehat yang dapat membangkitkan semangat yang bisa dikonsumsi, terutama bagi vegetarian. Kacang polong kaya akan serat yang dapat memperlancar pencernaan, serta tinggi magnesium sehingga mampu meningkatkan energi. Itulah mengapa dengan mengonsumsi kacang polong, kamu akan lebih segar dan bersemangat kembali.

Buah Beri

Buah beri, misalnya stroberi dan blueberry, adalah makanan sempurna jika kamu sedang ingin yang manis-manis dan tidak memiliki banyak kalori. Buah beri juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel-sel. Kamu dapat menjadikan buah beri sebagai makanan yang dapat membangkitkan semangat dan kudapan sehat di antara waktu makan.

Ikan Sarden

Selain menyediakan protein hewani berkualitas tinggi, ikan sarden juga dapat menjadi makanan sehat yang dapat membangkitkan semangat karena memasok energi secara stabil. Ikan sarden cocok dikonsumsi saat sarapan agar kebutuhan energi terpenuhi sebelum memulai hari. Jenis ikan laut ini juga memiliki banyak asam lemak omega-3 (EPA dan DHA) yang membantu mencegah penyakit jantung.

Cokelat Hitam

Cokelat hitam adalah salah satu makanan sehat yang dapat membangkitkan semangat yang sudah dikenal oleh masyarakat luas. Berdasarkan sejumlah penelitian, coklat hitam terbukti dapat meningkatkan suasana hati. Antioksidan dalam cokelat hitam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperlancar aliran darah. Itulah mengapa cokelat hitam berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi serta kolesterol.

Hati Sapi

Hati sapi adalah salah satu sumber vitamin B12 terbaik. Makanan pembangkit semangat yang satu ini juga memiliki banyak protein yang membuat kamu tetap bertenaga untuk waktu yang lama. Kandungan vitamin B12 atau riboflavin di dalamnya dapat mengubah makanan menjadi energi untuk tubuh.

Tiram

Tiram mengandung omega-3 dan zink yang baik untuk kesehatan. Dalam 100 gram tiram juga terdapat 30 kalori energi. Dengan begitu, tiram dapat menjadi makanan pembangkit mood yang tepat.

Daging Ayam Tanpa Kulit

Daging ayam tanpa kulit adalah makanan sehat yang dapat membangkitkan semangat jika dikonsumsi pada porsi yang tepat. Ini karena daging ayam adalah sumber protein yang baik dan memiliki sedikit kandungan lemak jenuh, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin. Kamu yang memerlukan pembangkit semangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari dapat mengonsumsinya secara teratur.

Teh

Teh mengandung kafein yang akan membantu kamu lebih bersemangat bahkan beberapa jenis teh khusus dapat membantu menjaga ingatan. Green Tea juga berguna untuk meningkatkan kinerja otak.

Air Putih

Ketika tubuh kekurangan cairan, kamu akan mudah menjadi lelah dan mengalami badan lemas. Pasalnya, air berperan dalam proses transportasi bahan bakar dan gizi ke sel-sel di dalam tubuh serta membantu membuang limbah. Oleh karena itu, jika ingin lebih semangat dan berenergi, konsumsilah air putih setidaknya 7–8 gelas dalam sehari. Pastikan kamu menghindari minuman bersoda atau mengandung banyak gula. (GA)

.


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]