Tak Baik untuk Kesehatan, Jangan Langsung Lakukan 5 Hal Ini Usai Bangun Tidur


Jumat,29 Januari 2021 - 09:25:48 WIB
Tak Baik untuk Kesehatan, Jangan Langsung Lakukan 5 Hal Ini Usai Bangun Tidur Sumber foto liputan6.com

Ada banyak hal yang dilakukan orang usai bangun tidur. Ada yang langsung pergi ke kamar kecil, mengecek ponsel atau bahkan hanya mematikan alarm dan pergi tidur kembali. Baik disadari atau tidak, kebiasaan yang Anda lakukan di pagi hari sebetulnya sangat mempengaruhi suasana hati sepanjang hari yang secara otomatis akan mempengaruhi aktivitas.

Dilansir dari laman liputan6.com, tak hanya itu ada pula beberapa kebiasaan yang kerap orang lakukan di pagi hari yang ternyata dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut deretan hal yang sebaiknya tak Anda lakukan usai bangun tidur.

1. Jangan Langsung Bangun

Saat bangun tidur, sebaiknya Anda meregangkan otot terlebih dahulu dan jangan langsung bangun dari tempat tidur. Buat otot-otot kaki dan tangan rileks sebelum turun dari tempat tidur. Setelahnya juga Anda disarankan jangan langsung berdiri, tunggulah beberapa detik. Hal ini untuk memberi kesempatan tubuh kita beradapsi lebih baik dengan lingkungan. Jika langsung berdiri Anda dapat mengalami rasa pusing di kepala.

2. Jangan Langsung Minum Kopi

Tak sedikit orang yang langsung minum kopi usai bangun tidur. Sebaiknya hal tersebut Anda hindari pasalnya pada pukul 8 hingga 9 pagi, tubuh memproduksi banyak hormon kortisol agar tubuh lebih berenergi. Kebiasaan minum kopi setelah bangun tidur justru dapat membuat badan lemas.

3. Jangan Langsung Melihat Media Sosial

Media sosial telah menjadi bagian hidup banyak orang saat ini. Tak sedikit orang yang melihatnya sepanjang waktu bahkan usai bangun tidur. Sebaiknya kebiasaan itu dihindari, pasalnya terlalu asyik melihat media sosial di pagi hari dapat membuat Anda lupa waktu. Daripada membuka media sosial lebih baik menggunakan waktu untuk bersiap-siap. Tak hanya itu sering mengecek ponsel sesaat setelah bangun tidur juga dikatakan dapat menganggu hormon.

4. Jangan Mandi Air Hangat

Suhu yang dingin di pagi hari memang kerap membuat kita malas mandi dengan air dingin dan lebih memilih air hangat. Namun mandi air hangat di pagi hari justru akan membuat tubuh lemas.

Tak hanya itu mandi air hangat di pagi hari juga dapat memicu sakit kepala karena perubahan suhu dari dinginnya pagi. Sementara itu, mandi air dingin di pagi hari dapat membuat tubuh segar dan semangat menjalani aktivitas sepanjang hari. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]