5 Cara Mudah Gunakan Sirsak untuk Atasi Masalah Kulit dan Rambut


Selasa,18 Agustus 2020 - 10:43:38 WIB
5 Cara Mudah Gunakan Sirsak untuk Atasi Masalah Kulit dan Rambut Sumber foto liputan6.com

Sirsak menjadi salah satu buah yang banyak disukai individu. Selain lembut, buah berkulit hijau ini juga memiliki rasa dan aroma yang khas.

Dilansir dari laman liputan6.com, namun, tahukah kamu jika sirsak berkhasiat untuk mengatasi masalah kulit dan rambut? Karena sifat antibakteri dan antiseptik yang terdapat di dalamnya, sirsak diklaim bisa digunakan dalam perawatan kulit dan rambut.

Nah, penasaran bagaimana cara mengatasi masalah kulit dan rambut dengan menggunakan sirsak? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Selasa (18/8/2020).

1.  Kulit Gatal

Karena sifat antivirus dan anti-inflamasi yang terdapat pada sirsak, bisa membantu meredakan iritasi dan gatal-gatal pada kulit.

Mengaplikasikan sirsak secara teratur bisa membantu mengobati gatal-gatal pada kulit. Cara mengaplikasikannya, yang kamu perlukan 3-4 sdm daging buah sirsak, lalu tambahkan 1 sdm madu dan 1 sdm yogurt. 

Campur ketiga bahan tersebut dengan rata hingga menjadi pasta. Kemudian oleskan pasta ini pada bagian kulit yang gatal. Pijat selama beberapa waktu dan bersihkan dengan air hangat.

2. Jerawat

Sirsak adalah salah satu pengobatan efektif yang bisa membantu menyembuhkan jerawat. Karena sifat antibakteri yang terdapat pada buah ini, itu bisa membantu menyembuhkan kulit dan meningkatkan regenerasi sel. 

Untuk menyebuhkan jerawat dengan sirsak, kamu perlu menyiapkan 1-2 sdm daging buah sirsak. Lalu tambahkan 2 sdm susu, 1 sdm gel lidah buaya dan ½ sdt kunyit. Campur seluruh bahan hingga rata dan oleskan pada area kulit berjerawat. Biarkan mengering lalu bersihkan dengan air.

3. Anti-Aging

Jika kamu ingin menghilangkan keurtan, garis halus dan tanda penuaan lainnya secara efektif, gunakan sirsak dalam rutinitas perawatan kulit harianmu. Sirsak mengandung antioksidan yang berperan besar dalam membunuh radikal bebas yang bertanggung jawas atas tanda-tanda penuaan tersebut.

Yang kamu butuhkan, beberapa sendok bubur sirsak, 1 sdm lidah buaya dan 1 tetes minyak esensial lavender. Campurkan seluruh bahan hingga rata. Lalu aplikasikan ke wajahmu dan pijat dengan gerakan memutar selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air.

4. Kutu Rambut

Sirsak merupakan bahan yang sangat baik yang bisa membantu mengobati masalah kutu rambut. Kutu rambut bisa mempengaruhi kulit kepala dan rambutmu secara negatif, maka dari itu penting untuk disingkirkan. 

Untuk menghilangkan kutu rambut, kamu membutuhkan 1-2 buah sirsak dan haluskan hingga menjadi pasta kental. Tambahkan 1 sdm pasta biji fenugreek dan 1 sdm pasta neem ke dalamnya. Lalu oleskan masker ini pada rambutmu, biarkan selama 10 menit. Setelah itu cuci bersih dengan air hangat.

5. Kulit Kepala Gatal dan Berkeringat

Kulit kepala yang gatal dan berkeringat bisa menjadi salah satu masalah kecantikan yang umum dialami banyak individu. Kulit kepala berkeringat seringkali menyebabkan bau tak sedap yang dikeluarkan dari kulit kepala. 

Nah, untuk mencegah keringat berlebih, kamu bisa menggunakan sirsak. Ambil satu buah sirsak dan potong-potong. Lalu rebus dalam air selama beberapa waktu. Setelah itu pisahkan airnya dengan wadah terpisah. Biarkan menjadi dingin. Selanjutnya, gunakan air sirsak sebagai setelah kamu selesai sampo. Lakukan secara rutin untuk mengatasi kulit kepala gatal dan berkeringat. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]