Banjir Meluas, PMI Kampar Bantu Korban Banjir Kampar


Kamis,11 Februari 2016 - 20:29:11 WIB
Banjir Meluas, PMI Kampar Bantu Korban Banjir Kampar Salah satu wilayah terjadi banjir di Kabupaten Kampar. (foto: detik.com)

Masyarakat Kabupaten Kampar kembali didera bencana banjir. Kali ini banjir datang secara tiba-tiba pada Senin siang (8/2/2016) dan terus berfluktuasi meningkat hingga Selasa (9/2/2016) malam. Bantuan korban banjir pun berdatangan dari berbagai kalangan sebagai bentuk partisipasi, salah satunya PMI.

Untuk meringankan korban terdampak banjir, PMI Kabupaten Kampar bekerja sama dengan  PMI Provinsi Riau melakukan kegiatan evakuasi korban banjir dan penyisiran korban yang memerlukan obat-obatan, membuka tenda evakuasi, membuka dapur umum dan membuka posko kesehatan.

Kegiatan dipusatkan di Desa Ranah Air Tiris. PMI Provinsi Riau dan PMI Kabupaten Kampar menyediakan perahu fiber sebagai alat evakuasi, obat-obatan, tenda evakuasi dan berbagai alat pelayanan kesehatan lainnya. Ketua PMI Provinsi Riau, Syahril Abu Bakar saat ditemui di posko PMI di desa Ranah pada Selasa (9/2/2016) siang menyebutkan, pihaknya mendapat kabar mendadak Selasa malam dari Ketua PMI Provinsi Riau, agar membantu perahu fiber, tenda evakuasi dan sejumlah peralatan karena kabupatrn kampar dilanda banjir.

“Karena ini banjir mendadak dan besar, maka yang peralatan adalah peralatan evakuasi seperti perahu fiber dan tenda evakuasi untuk menampung warga yang rumahnya terendam. Disamping itu kita juga berjaga dengan menyediakan peralatan kesehatan,” ujar Syahril Abu Bakar seperti rilis yang diterima.

Ketua PMI Kabupaten Kampar, Zulher MS menambahkan, bahwa pihaknya mendapatkan informasi sejak Senin siang (8/2/2016), bahwa PLTA Koto Panjang membuka kelima pintu airnya untuk menurunkan ketinggian air 1,8 meter. Melihat besarnya volume air, maka pihaknya dan tim melakukan kontrol situasi. Bahkan dari sore hingga pagi selasa sangat banyak dia mendapat laporan masyarakat bahwa rumah mereka terendam banjir.

“Melihat potensi banjir yang besar, maka kita malam menghubungi PMI Provinsi Riau untuk menurunkan beberapa peralatan, seperti perahu fiber, tenda besar, dan peralatan medis. Karena jujur kami tidak memiliki peralatan tersebut. Untuk itu, kita berharap bantuan yang kita turunkan ini dapat membantu masyarakat pada musibah banjir ini,” tambah Zulher.

Zulher juga menyebutkan, bahwa perahu fiber akan diupayakan untuk terus di standby-kan di Kabupaten Kampar untuk menyisir korban banjir di sepanjang Sungai Kampar, terutama dari wilayah Bangkinang hingga ke Danau Bingkuang.

Menurut salah seorang warga korban banjir, Andi (40) saat ditemui di lokasi tenda evakuasi menyatakan, bahwa bantuan dari PMI ini sangat membantu dalam proses evakuasi warga. Dia menyebutkan, bahwa umumnya warga kampar terkejut dengan kejadian banjir ini. Dan dia berharap agar banjir ini cepat selesai.

Diperkirakan banjir ini adalah banjir terbesar semenjak tahun 1978 atau sebelum PLTA Koto Panjang dibuat. Dan menurut kabar PLTA Koto Panjang akan kembali membuka pintu air untuk menurunkan debit air sebanyak 2 meter.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]