Segera Dibuat Replika Kapal Titanic


Jumat,12 Februari 2016 - 18:38:43 WIB
Segera Dibuat Replika Kapal Titanic Kapal Titanic yang karam pada tahun 1912 akan dibuat replikanya.(foto: int)

Penggemar sejarah dan film tentu tahu akan kapal legendaris Titanic yang karam pada tahun 1912. Kabar baiknya, kapal tersebut akan dibuat replikanya. Nama kapal RMS Titanic dikenal setelah kisahnya naik ke layar lebar melalui film berjudul sama yang dibintangi Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet.

Bagi Anda yang menggemari kisahnya, kapal RMS Titanic yang telah karam itu akan dibuatkan replikanya. Dilansir detikTravel dari situs perusahaan Blue Star Line, Jumat (12/2/2016) ada wacana kalau kapal itu akan dibuatkan replikanya yang sama persis. Diinisiasi oleh Miliuner Australia, Clive Palmer, proyek itu tengah digarap bersama perusahaan kapal asal Australia miliknya, Blue Star Line.

Sedikit mundur ke belakang, sejarahnya kapal RMS Titanic disebut sebagai kapal yang tidak akan pernah tenggelam. Tragis, pada tahun 1912 kapal RMS Titanic menabrak gunung es dan tenggelam bersama 1.503 penumpang di dalamnya. 

Mengetahui popularitas kapal RMS Titanic, Clive Parmer kemudian berencana untuk mempuat replikanya yang dinamai Titanic II. Diketahui kalau wacana itu pertama kali muncul pada tahun 2012 silam. Namun akibat kendala teknis, proyek kapal itu baru dibicarakan kembali tahun ini.

Walau akan disebut sebagai replika dari kapal aslinya, Titanic II tidak akan dibuat sama persis seperti pendahulunya seperti diberitakan media Belfast Telegraph. Akan ada sedikit perubahan, namun tetap menyertakan tiga kelas seperti aslinya.

Selain itu Kapal Titanic II juga akan dilengkapi lebih banyak perahu penyelamat. Tentu hal tersebut berguna untuk mengevakuasi keseluruhan penumpang kapal, seandainya terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kejadian aslinya.

Secara spesifikasi, kapal Titanic II akan memiliki berat 40 ribu ton, 840 kabin, serta kakamr untuk 2.400 penumpang dan 900 kru kapal. Sejumlah fasilitas penunjang seperti kolam renang, turkis bath serta gym nantinya juga dapat dinikmati oleh traveler. Namun upaya pembangunan kembali Titanic juga tidak lepas dari kritik. Sejumlah anggota keluarga dari korban kapal Titanic asli menyebut kalau hal yang dilakukan Clive adalah sangat tidak sensitif, seperti diberitakan media CNBC.

Nantinya jika sudah selesai, kapal Titanic II dijadwalkan untuk berangkat dari Jiangsu di China menuju Dubai di Uni Emirat Arab. Soal harga memang belum diumumkan, tapi perkiraannya adalah sekitar USD 1 juta per penumpang (Rp 13 miliar). Kini kapal Titanic II tersebut sedang berada dalam tahap pengerjaan. Kapal replika tersebut diperkirakan akan selesai dan berlayar pada tahun 2018 nanti. Yah, ditunggu saja traveler.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]