Tol Trans Sumatera Sudah Bolong-Bolong, PUPR Komentar Begini


Selasa,30 Maret 2021 - 15:37:16 WIB
Tol Trans Sumatera Sudah Bolong-Bolong, PUPR Komentar Begini sumber foto cnbcindonesia.com

Pemerintah sudah memutuskan untuk melakukan larangan mudik 2021. Namun, keandalan jalan nasional hingga tol tetap disiapkan oleh pemerintah melalui Kementerian PUPR. Salah satunya sebagian jalur Tol Trans Sumatera yang sebagian sudah ada yang rusak dalam kondisi banyak yang bolong.

Dilansir dari laman cnbcindonesia.com, "sudah ada larangan mudik, tapi kembali kita bersiap bagaimanapun Lebaran ini pasti ada peningkatan lalu lintas, makanya kesiapan infrastruktur jalan kami perhatikan," jelas Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hedy Rahadian, Dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi V DPR RI, Selasa (30/3/20210.

Perbaikan dilakukan mulai dari nasional, jalan tol, hingga perbaikan jembatan di wilayah Sumatera, Jawa, Sulawesi dan Kalimantan.

Hedy menjelaskan untuk jalan tol Trans Sumatera sudah siap total panjang siap beroperasi sepanjang 672,49 km. Beberapa persiapan yang dilakukan mulai dari penanganan kerusakan jalan tol akan dilakukan. "Banyak keluhan terutama jalan Tol Bakauheni - Palembang, kamu sudah koordinasi dengan BPJT dan operator," jelasnya.

Penanganan kerusakan Jalan Tol Bakauheni - Terbanggi Besar ada rigid pavement sedang dilakukan paling tidak h -14 Lebaran. Hedy mengatakan untuk daerah. Ruas Terbanggi Besar sampai Palembang kerusakannya cukup parah, rekondisi akan dilakukan selesai sebelum lebaran. Tapi penanganan permanen baru dilakukan setelah Lebaran.

Sementara untuk jalan Tol Pulau Jawa, total panjang Trans Jawa yang siap beroperasi mulai 1.100 kilometer. Dari catatannya ada jalan tol rusak di Jakarta - Cikampek KM 47 + 400 A pada 15 Maret kemarin. Hedy mengaku ini tidak mengganggu kegiatan lalu lintas, tapi dari pihaknya menargetkan pembenahan selesai pada 17 April 2021.

Lalu longsor Cikopo - Palimanan KM 122 arah Jakarta pada Februari lalu juga sudah siap dilalui, walaupun pengerjaan belum selesai. Targetnya April pembenahan longsor di lereng jalan bisa selesai.

"Untuk ruas tol Kanci - Pejagan sudah dilakukan levelling atau perataan jalan supaya lebih nyaman. Surabaya - Gempol ada longsoran Januari lalu sekarang kondisinya sudah dibuka penuh," katanya.

Sementara untuk jalan non tol, seperti Pantura ruas Pejagan - Prupuk - Tegal Banyumas. Hedy memberi catatan jalan ini sudah rusak, sehingga menjadi hambatan. Akan dilakukan rekondisi atau pekerjaan sementara paling tidak sampai sebelum lebaran.

"Penanganan permanen sudah dilelangkan, kontrak pada 12 April, eksekusinya nanti setelah lebaran," jelasnya. Hedy juga bicara ruas jalan Pantura lain yang akan diperbaiki seperti ruas Babat - Lamongan - Gresik akan ditangani pada April mendatang, Juga Buduan - Panarukan.

Di wilayah Kalimantan terutama daerah pasca bencana akan dilakukan perbaikan Jembatan Tabunio II, jembatan Salim, juga penanganan jalan nasional. Sementara di Sulawesi ruas jalan Makassar - Maros, dan jembatan Palopo – Toraja. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]