8 Manfaat Kacang Navy untuk Kesehatan, Sebagai Antikanker hingga Cegah Diabetes


Senin,19 April 2021 - 15:23:18 WIB
8 Manfaat Kacang Navy untuk Kesehatan, Sebagai Antikanker hingga Cegah Diabetes sumber foto merdeka.com

Meski berbentuk kecil, kacang-kacangan juga sering dimasukkan ke dalam daftar makanan sehat yang mampu menunjang kesehatan tubuh. Salah satu jenis kacang yang baik untuk tubuh yaitu kacang navy. Kacang navy adalah makanan bergizi populer dalam pola makan vegetarian dan bagi mereka yang ingin meningkatkan konsumsi makanan nabati.

Dilansir dari laman merdeka.com, kacang navy kaya akan karbohidrat, serat, dan protein. Kacang ini mengandung mineral penting termasuk folat, zat besi, magnesium, kalsium, dan banyak kalium. Dalam satu porsi kacang navy, memenuhi sekitar 18% dari asupan kalium harian yang direkomendasikan.

Karbohidrat dalam kacang navy memberikan sumber energi pelepasan yang lambat untuk mempertahankan fungsi tubuh yang optimal sepanjang hari. Kacang navy rendah lemak dan mengandung protein nabati dalam jumlah yang baik untuk makanan yang kaya karbohidrat. Studi juga menunjukkan banyak manfaat kesehatan yang terkait langsung dengan kandungan nutrisi esensial dan fitokimia yang tinggi yang ditemukan dalam kacang navy. Dilansir dari organicfacts.net, berikut adalah beberapa manfaat kacang navy untuk kesehatan yang baik untuk tubuh.

Memori dan Kognisi

Manfaat kacang navy yang pertama adalah meningkatkan memori dan kognisi. Folat adalah nutrisi utama untuk menjalankan fungsi tubuh, termasuk pencegahan cacat tabung saraf dan anemia, hingga memengaruhi sistem saraf.

Kekurangan folat secara langsung dikaitkan dengan peningkatan kadar homosistein, yang seringkali dapat menyebabkan penyakit neurodegeneratif seperti penyakit Parkinson. Selain itu, salah satu vitamin B yang ditemukan dalam kacang navy, thiamin, dapat membantu meningkatkan neurotransmiter tertentu yang kita butuhkan untuk memori dan kognisi, sehingga kacang-kacangan kecil ini juga dapat menjaga daya ingat kita tetap tajam seiring bertambahnya usia.

Antikanker

Manfaat kacang navy yang kedua yaitu berpotensi menjadi antikanker. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang navy dapat menurunkan risiko kanker kolorektal. Studi lainnya yang dipublikasikan dalam jurnal Current Nutrition and Food Science mengungkapkan bahwa serat makanan dalam bubuk kacang navy berpotensi mencegah kanker kolorektal.

Penelitian oleh National Cancer Institute, AS menunjukkan bahwa ada fraksi tertentu yang larut dan tidak larut dalam kacang navy yang dimasak yang dapat membantu menurunkan risiko kanker.

Studi yang dilakukan selama periode waktu tertentu juga menunjukkan bahwa memasukkan kacang-kacangan seperti kacang navy dalam makanan Anda adalah cara yang sehat untuk melindungi diri Anda dari kanker usus besar, payudara, dan prostat.

Kesehatan Jantung

Manfaat kacang navy yang ketiga yaitu untuk menjaga kesehatan jantung. Magnesium dan folat bekerja sama dalam kacang navy untuk menjaga jantung tetap kuat dan terlindungi.

Folat menurunkan kadar homosistein, yang merupakan prekursor berbahaya untuk penyakit jantung, sedangkan magnesium berfungsi dengan cara yang sama seperti kalium, yakni mengurangi ketegangan dan stres dalam pembuluh darah untuk mengurangi tenaga dan menurunkan tekanan darah, sehingga mencegah serangan jantung dan stroke.

Pencegah Diabetes

Manfaat kacang navy yang keempat yakni sebagai pencegah diabetes. Makanan berserat tinggi telah lama dikenal karena khasiatnya yang baik terhadap diabetes, yang dapat menstabilkan kadar gula darah dan meningkatkan penyerapan nutrisi dari usus.

Dengan kadar glukosa dan insulin yang dipertahankan pada tingkat yang sehat, Anda jauh lebih kecil kemungkinannya untuk terkena diabetes. Dan jika Anda sudah menderita kondisi ini, serat tinggi dalam kacang navy dapat membantu Anda mengelola gejala Anda.

Meningkatan Pencernaan

Manfaat kacang navy yang kelima adalah untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Seperti yang disebutkan, kacang navy sangat tinggi serat, yang merupakan komponen kunci bagi kesehatan saluran cerna yang baik.

Serat mampu menumpuk kotoran dan mencegah gejala sembelit dan diare. Selain itu, serat membuat pergerakan usus menjadi lebih baik dengan menstimulasi gerakan peristaltik. Diet serat yang baik membersihkan usus dan mencegah masalah pencernaan yang lebih serius seperti tukak lambung.

Sifat Antioksidan

Mangan bukanlah mineral yang sering Anda dengar, tetapi mangan merupakan kofaktor utama dalam banyak enzim antioksidan yang dapat mencegah penyebaran dan dampak radikal bebas. Ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit kronis.

Kemudian ada tembaga yang juga memainkan peran penting sebagai kofaktor enzim dan dapat membantu menstimulasi aliran darah, mobilitas sendi, dan fleksibilitas keseluruhan dengan mengurangi stres oksidatif di area tersebut.

Membantu Pertumbuhan dan Perbaikan Tubuh

Salah satu aspek kacang navy yang paling menonjol dan penting adalah kandungan proteinnya yang tinggi. Protein adalah bahan penyusun di semua kehidupan, dan kita membutuhkan aliran yang stabil untuk pertumbuhan sel-sel baru, jaringan, otot, tulang, pembuluh darah, dan setiap bagian lain dari tubuh kita.

Protein sangat penting untuk mendukung perkembangan normal dan juga dalam fungsi memperbaiki area tubuh yang rusak sekaligus mempercepat proses penyembuhan. Untuk vegetarian, kacang navy adalah sumber protein alternatif yang sangat baik, dengan lebih dari 15 gram protein dalam satu cangkirnya.

Sirkulasi Darah lebih Baik

Manfaat kacang navy yang terakhir yaitu untuk membuat sirkulasi darah menjadi lebih baik. Menjaga agar darah tetap mengalir normal dalam tubuh kita jelas penting untuk oksigenasi sistem organ dan fungsi normal secara keseluruhan.

Zat besi adalah komponen kunci dari sel darah merah, dan tanpa asupan zat besi yang tepat, sirkulasi Anda akan terganggu, membuat Anda rentan terhadap anemia, kelemahan, kehilangan mineral tulang, kelelahan, dan sirkulasi yang buruk.

Tembaga juga sangat penting dalam hal ini, karena diperlukan untuk sintesis hemoglobin. Dengan kata lain, tanpa tembaga, zat besi praktis tidak berguna di dalam tubuh. Kacang navy, untungnya, mengandung keduanya dengan kadar yang tinggi. (GA)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]