Kenali Apa itu Infeksi Liver, Gejala, Penyebab, Cara Mengobatinya


Senin,29 November 2021 - 11:29:18 WIB
Kenali Apa itu Infeksi Liver, Gejala, Penyebab, Cara Mengobatinya sumber foto kompas.com

Infeksi liver atau infeksi hati adalah masalah kesehatan yang perlu diwaspadai. Apabila tidak diberikan pengobatan yang tepat sedini mungkin, penyakit ini bisa menyebabkan gagal hati dan berisiko fatal. Untuk meningkatkan kewaspadaan pada infeksi liver, kenali gejala sampai cara mengobatinya.

Gejala infeksi liver

Liver atau hati adalah organ kedua terbesar di dalam tubuh. Fungsi utama liver untuk membantu pencernaan dan menghilangkan racun dan zat berbahaya dari tubuh. Organ ini juga menampung cadangan lemak. Infeksi liver dapat memicu peradangan dan menurunkan fungsi liver.

Ada beberapa gejala infeksi liver yang perlu diwaspadai, yakni:

  • Warna kulit jadi menguning
  • Mual Muntah
  • Badan lemas dan mudah lelah
  • Nyeri otot dan sendi
  • Sakit perut
  • Urine warnanya jadi kuning gelap
  • Kotoran buang air besar terlihat pucat, berdarah, atau hitam
  • Pergelangan kaki atau perut bengkak
  • Tidak nafsu makan
     

Dilansir dari laman kompas.com. Terkadang, gejala infeksi liver mirip dengan flu. Untuk itu, waspadai masalah kesehatan ini ketika muncul tanda penyakit di atas. Penyebab infeksi liver Dilansir dari Mayo Clinic, penyebab infeksi liver bisa berasal dari parasit dan virus, antara lain: Parasit Toxoplasma gondii Cytomegalovirus dari golongan virus herpes Adenovirus Virus Epstein Barr Virus hepatitis A, B, C, D, E Parasit atau virus penyebab infeksi liver bisa merusak hati. Biang penyakit ini bisa menyebar lewat makanan dan air yang terkontaminasi, kontak dekat dengan penderita, darah, atau air mani. Untuk mengetahui penyebab infeksi liver, dokter biasanya menyarankan penderita menjalani tes darah, USG, CT Scan, MRI, atau memeriksa sampel jaringan (biopsi) jaringan hati.

Cara mengobati infeksi liver Perawatan medis untuk menyembuhkan infeksi liver tergantung dengan diagnosis dokter. Dokter biasanya merekomendasikan obat anti-inflamasi untuk mengurangi peradangan, atau obat antivirus apabila penyebab infeksi berasal dari virus, atau obat radang liver. Penderita biasanya juga perlu mengontrol tekanan darah, kolesterol, dan gula darahnya agar kinerja hati yang terinfeksi tidak terlalu berat. Selain itu, dokter umumnya juga menyarankan penderita infeksi liver agar menjaga berat badannya tetap ideal. Jika berat badan masih berlebih, penderita disarankan untuk menurunkan bobot tubuhnya dengan diet tepat dan olahraga rutin.

Apabila obat dan modifikasi gaya hidup tidak dapat menyembuhkan infeksi liver, dokter baru merekomendasikan transplantasi atau cangkok hati. Untuk mengobati infeksi liver, konsultasikan dengan dokter perawatan medis paling tepat. Jangan sembarangan mengonsumsi obat herbal karena sejumlah bahan alami justru berisiko merusak liver. (RF)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]