7 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal secara Alami dan Pakai Obat


Senin,17 Mei 2021 - 14:28:44 WIB
7 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal secara Alami dan Pakai Obat sumber foto health.kompas.com

Tenggorokan gatal adalah masalah kesehatan yang jamak dikeluhkan karena bisa mengurangi kenyamanan saat menelan atau berbicara. Dilansir dari WebMD, penyebab tenggorokan gatal biasanya terkait infeksi virus dan bakteri, serta alergi. Tapi, tenggorokan juga bisa gatal setelah Anda berada di ruangan yang penuh asap rokok, dalam kondisi dehidrasi, atau asam lambung naik.

Dilansir dari laman health.kompas.com, apapun penyebab tenggorokan gatal, masalah kesehatan ini bisa membuat bagian tubuh ini terasa gatal, kering, perih, terkadang disertai batuk. Dengan mengobati tenggorokan gatal, Anda bisa mengurangi gejala penyakit dan rasa tidak nyaman lantaran masalah kesehatan ini. Berikut beberapa cara mengatasi tenggorokan gatal secara alami dan pakai obat yang bisa dijajal:

1. Berkumur dengan air garam

Melansir Healthline, berkumur dengan larutan air garam bisa menghilangkan gatal di tenggorokan. Cara menyiapkan obat tenggorokan gatal alami ini cukup mudah. Campurkan setengah sendok teh garam dengan 250 mililiter air hangat.

Gunakan larutan air garam tersebut untuk berkumur selama 10 detik, jangan ditelan. Saat penyakit kumat, berkumur dengan air garam sebaiknya dilakukan dua sampai tiga kali sehari. Larutan air garam bisa membantu meredakan iritasi di tenggorokan sekaligus mengurangi penumpukan lendir biang gatal.

2. Minum madu

Tenggorokan gatal juga bisa dihilangkan dengan minum satu sendok madu, sebaiknya di pagi hari. Salah satu studi menyebutkan, minum madu sama efektifnya dengan minum obat batuk tertentu untuk meredakan tenggorokan gatal disertai batuk. Minum madu umumnya aman bagi orang orang di atas usia satu tahun dan tidak memiliki riwayat alergi madu. Namun, jangan memberikan madu kepada bayi di bawah usia satu tahun karena bisa menyebabkan botulisme yang berbahaya bagi si kecil.

3. Minum jahe, lemon, madu

Campuran jahe, lemon, dan madu juga bisa digunakan sebagai obat tenggorokan gatal alami. Cara menyiapkan minuman ini juga cukup mudah. Parut sedikit jahe, tambahkan perasan dua iris lemon yang diiris tipis, tambahkan satu sendok makan madu, lalu tuangi sedikit air hangat. Minum ramuan jahe, lemon, dan madu ini sebanyak dua sampai tiga kali sehari sampai tenggorokan terasa lega.

4. Minum susu kunyit

Cara mengatasi tenggorokan gatal secara alami juga bisa memanfaatkan rempah kunyit. Agar rasanya tidak terlalu kuat, Anda bisa mencampurkan kunyit dengan susu. Caranya cukup mudah. Jerang 250 mililiter susu lalu bubuhkan satu sendok teh bubuk kunyit. Aduk sampai rata sembari menunggu susu kunyit mendidih. Setelah minuman susu kunyit sudah hangat, baru minum perlahan-lahan. Ulangi minum susu kunyit setiap malam sampai tenggorokan gatal sembuh.

5. Minum teh herbal

Beberapa jenis teh herbal sejak dulu biasa digunakan untuk mengobati tenggorokan gatal, antara lain:

  • Ginkgo

  • Licorice

  • Dong quai

  • Semanggi merah

  • Chamomile.

6. Gunakan humidifier atau mandi air panas

Jika tenggorokan gatal disebabkan udara kering atau alergi, melembabkan saluran pernapasan bisa membantu mengatasi masalah kesehatan ini. Salah satu caranya dengan menggunakan alat humidifier atau mandi air panas yang berlimpah uap. Dengan menjaga saluran pernapasan lembap, tenggorokan tidak kering dan gatal saat digunakan untuk bernapas.

7. Minum obat

Di apotek ada beberapa jenis obat untuk tenggorokan gatal berupa permen pelega tenggorokan, semprotan hidung, sampai obat flu. Hindari obat tetes batuk yang mengandung mentol karena bisa membuat tenggorokan gatal lebih lama.

Satu studi menemukan bahwa mengonsumsi terlalu banyak obat tetes batuk mentol secara teratur dapat membuat penderita lebih sering batuk. Jika sebagian cara mengatasi tenggorokan gatal di atas sudah dicoba tapi belum sembuh juga, saatnya berkonsultasi ke dokter. Tenggorokan gatal tak kunjung sembuh bisa jadi gejala radang tenggorokan atau infeksi bakteri yang serius dan membutuhkan obat resep dokter. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]