Presiden Jokowi Resmi Lantik Letjen TNI Ganip Warsito Jadi Kepala BNPB


Selasa,25 Mei 2021 - 11:24:36 WIB
Presiden Jokowi Resmi Lantik Letjen TNI Ganip Warsito Jadi Kepala BNPB sumber foto nasional.okezone.com

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Ganip Warsito menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dilansir dari laman nasional.okezone.com, pelantikan tersebut berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Selasa (25/5/2021) dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kepala Negara melantik Ganip berdasarkan Keppres Nomor 79P Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Mantan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III ini menggantikan posisi Letjen TNI Doni Monardo. Jokowi kemudian meminta kesediaan Ganip untuk diambil sumpah jabatannya.

"Bersedia kah diambil sumpah menurut agama Islam?" kata Jokowi. "Bersedia," jawab Ganip. Jokowi lantas membacakan sumpah yang turut diikuti Ganip.

"Demi Allah saya bersumpah,bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," ujar Jokowi diikuti Ganip.

Doni Monardo diganti oleh Ganip Warsito lantaran akan memasuki masa pensiun pada 1 Juni 2021. Hal ini telah dibenarkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Ganip baru menjabat sebagai Kasum TNI selama tiga bulan lebih usai dilantik Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pada 1 Februari 2021 lalu.

Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1986 ini berpengalaman di bidang infanteri. Dia pernah menjabat sebagai Pangdam XIII/Merdeka, Asops Panglima TNI, dan Pangkogabwilhan III. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]