Bandara Ramai-ramai Gelar Vaksin Covid Buat Calon Penumpang


Rabu,07 Juli 2021 - 08:56:02 WIB
Bandara Ramai-ramai Gelar Vaksin Covid Buat Calon Penumpang sumber foto cnnindonesia.com

Sebagian bandara menyiapkan vaksin corona gratis bagi para calon penumpang. Pasalnya, kartu vaksinasi minimal dosis pertama kini menjadi salah satu syarat penumpang pesawat tujuan Jawa dan Bali untuk terbang, selain surat keterangan negatif RT-PCR.

Dilansir dari laman cnnindonesia.com, aturan ini berlaku saat PPKM Darurat hingga 20 Juli 2021 serta sesuai ketentuan Surat Edaran (SE) Nomor 45 Tahun 2021 Kementerian Perhubungan, penumpang pesawat udara tujuan Pulau Jawa dan Pulau Bali diwajibkan menunjukkan kartu vaksinasi minimal dosis pertama dan surat keterangan negatif hasil RT-PCR. Berikut beberapa bandara yang menyediakan layanan vaksinasi covid-19 gratis:

Bandara Internasional Lombok

Manajemen PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok membuka sentra vaksinasi covid-19 sejak Senin, (5/7). "Layanan vaksinasi ini hadir sejak Senin (5/7) atau hari pertama penerapan PPKM Darurat untuk sektor transportasi udara," ujar General Manager Bandara Lombok Nugroho Jati, dikutip dari Antara, Selasa (6/7).

Ia mengatakan sentra vaksinasi di Bandara Lombok ini untuk memberikan kemudahan calon penumpang pesawat yang berangkat dari Bandara Lombok dalam memenuhi salah satu persyaratan perjalanan, yaitu kartu atau sertifikat vaksinasi covid-19.

"Pada pelaksanaan hari pertama sentra vaksinasi Bandara Lombok kemarin, kegiatan berjalan dengan lancar meski animo calon penumpang cukup tinggi. Tercatat sebanyak 260 calon penumpang melakukan vaksinasi di sini," ucap dia.

Menurut Jati, sentra vaksinasi ini berada di area lobi keberangkatan Bandara Lombok dan dibuka setiap hari mulai pukul 05.00 sampai dengan 17.00 Wita. Vaksinasi dilayani 6-8 petugas pelayanan kesehatan dari RSUD Provinsi NTB dan RSUD Kota Mataram. Vaksin yang diberikan adalah vaksin covid-19 untuk dosis pertama.

"Ketersediaan vaksin menyesuaikan dengan jumlah peserta di bandara. Layanan ini ditujukan bagi penumpang pesawat udara yang berangkat dari Bandara Lombok dan berusia 12 tahun ke atas," katanya.

Calon penumpang yang hendak melakukan vaksin wajib membawa KTP dan tiket atau bukti reservasi penerbangan. Alurnya, calon penumpang melakukan registrasi di meja formulir. Setelah dipanggil, peserta vaksin menuju meja penapisan dan vaksinasi dan petugas akan melakukan pengecekan riwayat kesehatan, suhu tubuh, serta tekanan darah. "Jika berdasarkan hasil 'screening' (penapisan) yang bersangkutan memenuhi kriteria, maka akan dilakukan vaksinasi," katanya.

Selanjutnya, peserta vaksinasi menuju bagian pencatatan untuk dilakukan input data ke dalam sistem. Setelah dilakukan observasi pascavaksinasi, sertifikat vaksinasi COVID-19 akan diterbitkan dan dapat dijadikan salah satu persyaratan dokumen perjalanan. Seluruh proses vaksinasi dari mulai penapisan sampai dengan keluar hasil (sertifikat/kartu) vaksin covid-19 memerlukan waktu kurang lebih 30 menit, di luar waktu tunggu antrean.

Bandara Adi Soemarmo Surakarta

Bandara ini pun membuka pelayanan vaksin serupa sejak hari ini, Selasa (6/7). "Layanan vaksin sudah kami mulai kemarin, hari ini ada lagi," kata Pelaksana Tugas Legal Compliance and Stakeholder Relations Bandara Adi Soemarmo Surakarta Nova Bimo Leksono.

Ia mengatakan pada pelayanan tersebut pihaknya bekerja sama dengan Lanud Adi Soemarmo dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Adi Soemarmo. Ia mengatakan syarat yang harus dipenuhi oleh calon penerima vaksin salah satunya harus membawa tiket pesawat untuk memastikan yang bersangkutan berencana untuk terbang. "Jadi vaksin ini bukan untuk masyarakat umum. Selain itu, calon penerima vaksin harus membawa identitas diri," katanya.

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

General ManagerPT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali Herry A.Y. Sikado mengatakan calon penumpang yang akan melakukan vaksinasi dianjurkan datang satu hari sebelum jadwal keberangkatan berusia minimal 12 tahun dengan ketentuan Warga Negara Indonesia (WNI) membawa KTP atau Kartu Keluarga sedangkan Warga Negara Asing (WNA) membawa KITAS atau KITAP sesuai Permenkes 18 Tahun 2021.

Layanan tersebut beroperasi pada pukul 09.00-15.00 WITA di Area Kedatangan Terminal Domestik dengan kuota vaksinasi yang terbatas setiap harinya. "Kuota vaksinasi ini kami upayakan dapat terus ditambah demi untuk mensukseskan program vaksinasi dari pemerintah. Kami juga meminta kepada calon penumpang agar turut membantu menerapkan protokol kesehatan saat menjalani proses vaksinasi," katanya.

Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon

Layanan yang sama pun disediakan oleh Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon, Maluku, mulai 6 Juli 2021. General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Internasional Pattimura Pribadi Maulana menjelaskan pengoperasian sentra pelayanan vaksinasi covid-19 di Bandara Pattimura Ambon dilakukan bekerja sama dengan Kantor Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Ambon, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku, Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Pangkalan TNI Angkatan Udara Pattimura, dan komunitas bandara lainnya.

"KKP, Lanud Pattimura, dan Dinas Kesehatan Kota Ambon bertindak sebagai penyelenggara vaksinasi, yang menyediakan tenaga kesehatan dan vaksin," kata Pribadi. Pelayanan vaksinasi COVID-19 disediakan di area kedatangan dan area perkantoran maskapai dari pukul 08.00 sampai 13.00 WIT di kompleks Bandar Udara Internasional Pattimura.

Pribadi mengatakan, warga yang hendak menggunakan pelayanan vaksinasi harus menunjukkan KTP asli dan tiket penerbangan. Prosedur pelaksanaan vaksinasi diperkirakan membutuhkan waktu 33 menit per orang karenanya warga disarankan melakukan vaksinasi sehari sebelum jadwal keberangkatan pesawat.

Seluruh Bandara Angkasa Pura II

Operasional bandara-bandara yang dikelola PT Angkasa Pura (AP) II menyiapkan sebanyak 3.500 dosis vaksin di seluruh sentra vaksinasi bandara. Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan bandara-bandara AP II mengoperasikan sentra vaksinasi hingga 20 Juli 2021.

"AP II mendukung penuh PPKM Darurat Jawa - Bali pada 3 - 20 Juli 2021 sebagai upaya bersama dalam penanganan covid-19 Sejalan dengan itu, AP II bersama seluruh stake holder berkoordinasi erat untuk membuka sentra vaksinasi di bandara-bandara bagi calon penumpang pesawat," ujarnya. Berikut informasi jam operasional (WIB) sentra vaksinasi yang sudah dibuka di bandara-bandara AP II:
1. Soekarno-Hatta - Tangerang (Terminal 2 dan Terminal 3, 08.00 - 17.00)
2. Halim Perdanakusuma - Jakarta (Klinik GMH, 08.00 - 15.00)
3. Husein Sastranegara - Bandung (08.00 - 12.00)
4. Banyuwangi (06.30 - 13.30)
5. Sultan Mahmud Badaruddin - Palembang (08.00 - 12.00)
6. HAS Hanandjoeddin - Belitung (07.00 - 15.00)
7. Fatmawati Soekarno - Bengkulu (08.00 - 17.00)
8. Sultan Thaha - Jambi (08.00 - 17.00)
9. Sultan Iskandar Muda - Aceh (10.00 - 15.00)
10. Sultan Syarif Kasim II - Pekanbaru (08.00 - 14.00)
11. Kuanalamu - Deli Serdang (09.00 - 15.00)
12. Radin Inten II - Lampung (09.00 - 12.00)
13. Depati Amir - Pangkalpinang (08.00 - 14.00)
14. Minangkabau - Padang (09.00 - 13.00)
15. Supadio - Pontinak (09.00 -12.00)
16. Raja Haji Fisabilillah - Tanjung Pinang (08.00 -12.00)

Sentra Vaksinasi Bandara Soekarno-Hatta akan dibuka 24 jam. Pada 3-4 Juli 2021 tercatat 1.914 orang melakukan vaksinasi Sentra Vaksinasi Bandara Soekarno-Hatta. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]