Varian Corona Delta Lebih Menular ke Orang, Ini Gejalanya


Kamis,15 Juli 2021 - 16:58:53 WIB
Varian Corona Delta Lebih Menular ke Orang, Ini Gejalanya sumber foto cnbcindonesia.com

 Saat ini, kasus Covid-19 di Indonesia didominasi dengan varian Delta. Hampir semua penyebaran varian Delta saat ini terdeteksi di Pulau Jawa.

Dilansir dar laman cnbcindonesia.com, untuk itu, penting mewaspadai gejala Covid-19 varian Delta ini. Mengutip The Irish Times, gejala yang paling umum terkait dengan varian delta Covid-19 adalah seperti sakit tenggorokan, batuk, dan hidung tersumbat. Ini terjadi juga menurut survei terbaru dari dokter umum.

GP Buddy, direktori medis online Irlandia untuk dokter keluarga, menemukan sakit tenggorokan adalah gejala yang paling sering dilaporkan oleh pasien, dalam survei dokter yang dilakukan minggu lalu.

Menandai perubahan gejala yang sebelumnya terkait dengan Covid-19, ditemukan bahwa batuk adalah gejala paling umum kedua, diikuti oleh hidung tersumbat, hidung tersumbat, dan kemudian demam.

Berdasarkan tanggapan dari 114 dokter umum, survei menemukan bahwa sakit kepala diidentifikasi sebagai gejala keenam yang paling banyak dilaporkan diikuti oleh pilek, dan kemudian nyeri otot. Kesulitan bernapas terdaftar sebagai gejala kesembilan yang paling terlihat, diikuti oleh perubahan rasa atau bau.

Penelitian terbaru di Inggris menunjukkan varian Delta dari Covid-19 mungkin menunjukkan gejala yang mirip dengan pilek, dengan sakit kepala, sakit tenggorokan, dan pilek lebih sering terlihat daripada sebelumnya.

Eksekutif Layanan Kesehatan (HSE) saat ini menetapkan bahwa gejala virus yang paling umum adalah demam, batuk baru, sesak napas, dan kehilangan atau perubahan bau atau rasa. Saran resmi menyatakan sakit kepala, sakit tenggorokan, atau pilek terkadang bisa menjadi gejala Covid-19.

Studi ZOE di Inggris, yang melacak gejala Covid-19 yang dilaporkan sendiri oleh orang-orang di sebuah aplikasi, menemukan adanya peningkatan virus yang muncul seperti pilek dalam beberapa bulan terakhir. Tim Spector, profesor epidemiologi genetik di King's College London, yang memimpin penelitian, mengatakan mereka telah memperhatikan tren yang berubah sekitar awal Mei.

Berbicara tentang perubahan bulan lalu, Prof Spector mengatakan tampaknya Covid-19 sedikit berbeda dan muncul sebagai flu yang buruk pada generasi muda, setelah penyebaran varian Delta.

"Sejak awal Mei kami telah melihat gejala teratas di semua pengguna aplikasi dan mereka tidak sama seperti sebelumnya. Gejala nomor satu adalah sakit kepala, kemudian diikuti oleh sakit tenggorokan, pilek dan demam. Nomor lima adalah batuk, lebih jarang," katanya.

"Kami bahkan tidak melihat hilangnya penciuman masuk ke sepuluh besar lagi, varian ini tampaknya bekerja sedikit berbeda," kata Prof Spector.

Suhu tinggi

Mirip dengan HSE, NHS saat ini mencantumkan gejala utama Covid-19 sebagai suhu tinggi, batuk baru, atau perubahan atau kehilangan penciuman atau rasa.

Dalam beberapa pekan terakhir, varian Delta telah menjadi jenis dominan dari Covid-19, yang menimbulkan kekhawatiran di kalangan pemerintah, pejabat kesehatan dan masyarakat.

Varian Delta lebih menular daripada strain sebelumnya, dengan penelitian lain menunjukkan orang dengan hanya satu dosis vaksin mungkin lebih rentan terhadap infeksi dibandingkan dengan mutasi sebelumnya. (GA) 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]