6 Gejala Tak Terduga yang Bakal Muncul ketika Kamu Dehidrasi


Senin,30 Agustus 2021 - 09:09:25 WIB
6 Gejala Tak Terduga yang Bakal Muncul ketika Kamu Dehidrasi sumber foto merdeka.com

Kurangnya cairan yang ada di dalam tubuh bisa menyebabkan terjadinya dehidrasi. Tanpa disadari, hal ini sebenarnya sangat kerap kita alami setiap hari. Kondisi dehidrasi yang dialami oleh seseorang tidak bisa disepelekan dan harus ditangani dengan hati-hati. Masalah ini bisa berujung pada penyumbatan darah, kejang, serta komplikasi yang bisa berdampak fatal.

Dilansir dari laman merdeka.com, sebuah penelitian mengungkap bahwa dehidrasi ringan bahkan dapat mempengaruhi mood seseorang, tingkat energi, serta kemampuan untuk berpikir dengan jelas. Dilansir dari The Health Site, berikut gejala tak terduga yang bisa muncul pada seseorang ketika mengalami dehidrasi.

Bau Mulut

Dehidrasi bisa mencegah tubuh memproduksi cukup air liur yang memiliki kandungan anti-bakteri. Menurut pakar, jika kamu memproduksi cukup air liur di mulut, bakteri di dalam mulut bisa berkembang secara berlebih sehingga muncul bau mulut.

Kulit Kering

Kondisi kulit kering bisa muncul pada saat dehidrasi ketika kamu menjadi sangat pusing dan kekurangan darah. Kulit kering dan tidak mengalami penguapan secara cukup ini bisa menyebabkannya juga menjadi pecah-pecah.

Kram Otot

Semakin panas kondisi tubuhmu, semakin kamu rentan mengalami kram otot. Ketika otot bekerja lebih keras, mereka bisa mengalami dampak dari rasa panas yang muncul. Kram otot ini juga bisa menjadi hasil dari perubahan pada elektrolit, sodium, serta potasium dalam tubuh.

Demam dan Meriang

Ketika tubuh mengalami dehidrasi kronis, kamu mungkin mengalami gejala seperti demam dan meriang. Demam ini bisa berbahaya terutama ketika suhu tubuh sangat panas.

Ingin Mengonsumsi Makanan Manis

Pakar kesehatan mengatakan ketika kamu mengalami dehidrasi, bakal sulit bagi nutrisi dan organ seperti hati untuk melepaskan dan menyimpan sejumlah komponen. Hal ini bisa menyebabkan kamu ingin mengonsumsi makanan manis atau makanan lainnya.

Sakit Kepala

Otak berada di dalam kantung cairan yang melindunginya dari benturan terhadap tengkorak. Dehidrasi bisa menyebabkan cairan tersebut menjadi berkurang dan rentan bertabrakan dengan tengkorak sehingga menyebabkan terjadinya sakit kepala.

Berbagai gejala tersebut bisa saja menjadi tanda kondisi dehidrasi yang tidak kamu sadari. Mengingat masalah yang mungkin terjadi, pastikan untuk menjaga asupan air harianmu. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]