Manfaat Daun Sirsak dan Keladi Tikus untuk Kesehatan


Jumat,22 Oktober 2021 - 17:36:48 WIB
Manfaat Daun Sirsak dan Keladi Tikus untuk Kesehatan sumber foto cnnindonesia.com

Manfaat aneka obat herbal memang terus-menerus diteliti, termasuk daun keladi tikus dan daun sirsak. Kedua daun ini ternyata punya banyak manfaat kesehatan termasuk meredakan batuk, obat nyeri, sampai antivirus untuk menghambat SARS-CoV-2.

Dilansir dari laman cnnindonesia.com. Ahli penyakit dalam dan edukator kesehatan Jeffri Aloys Gunawan mengungkapkan, berdasar hasil penelitian, bukti yang ada saat ini menunjukkan ekstrak keladi tikus mengandung senyawa alkaloid, triterpenoid, lignan, flavonoid, tanin, dan sterol yang bermanfaat sebagai antioksidan, antiradang, antimikroba, antikanker, dan menghilangkan efek buruk kemoterapi.

Keladi tikus ini juga bisa dipakai sebagai obat batuk sehubungan dengan adanya zat aktif yang diduga dapat mencegah dan meringankan reaksi imunologi seperti alergi.

Dikutip dari Antara, keladi tikus sudah dipakai secara tradisional untuk membantu meredakan batuk, sakit kepala, dan nyeri perut sejak lama. Ekstrak daun sirsak (Annona muricata) berpotensi sebagai imunostimulator.

Beberapa hasil penelitian bioinformatika (in-silico studies) menunjukkan bahwa kelompok senyawa acetogenin dalam ekstrak daun sirsak berpotensi sebagai antivirus yang dapat menghambat spike protein dari virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 dan mencegah perlekatan protein virus SARS-CoV-2 pada membran sel manusia.

Menurut Jeffri, ekstrak daun sirsak juga telah lama diketahui mempunyai aktivitas sebagai antioksidan, antikanker, dan antiperadangan, antiinfeksi, menstabilkan gula darah, obat batuk pilek, dan radang tenggorokan.

Sirsak atau yang dalam bahasa ilmiahnya disebut Annona muricata merupakan sejenis pohon cemara berbunga. Sirsak sangat populer di tempat asalnya di Amerika Tengah, Afrika, dan Asia Tenggara. 
Daun sirsak mengandung hampir nol kalori dan memiliki sejumlah vitamin dan mineral seperti yang terdapat dalam buah.

nutrisi penting lainnya yang ditemukan dalam daun sirsak antara lain zat besi, kalium, kalsium, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C, asam gentilis, annonacin, annocatalin, dan anonol yang berfungsi sebagai penambah alami sistem kekebalan tubuh.

Secara tradisional daun sirsak sudah diketahui dan dipakai di berbagai belahan dunia untuk membantu meredakan nyeri kepala, rematik, dan insomnia. Hanya saja, berbagai penelitian lebih dalam untuk diketahui manfaatnya. (RF/ika)




 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]