16 Manfaat Kacang Hijau, Baik untuk Penderita Anemia dan Diabetes


Selasa,18 Mei 2021 - 08:48:50 WIB
16 Manfaat Kacang Hijau, Baik untuk Penderita Anemia dan Diabetes Sumber foto liputan6.com

Manfaat kacang hijau memang memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh. Kacang hijau merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang menyehatkan. Hal ini karena kacang hijau mempunyai kandungan nutrisi yang cukup lengkap, mulai dari protein, karbohidrat, serat, vitamin, mineral, asam folat, kalsium sampai zat besi.

Dilansir dari laman liputan6.com, kacang hijau adalah salah satu tanaman yang dapat digunakan untuk menggantikan konsumsi nasi. Tanaman ini juga dikenal dengan sebutan green gram, mung bean, golden gram, dan nama ilmiah Vigna radiata L. Meskipun ukurannya sangat kecil, namun kacang hijau ini memiliki segudang manfaat bagi tubuh.

Manfaat nutrisi yang dimiliki oleh kacang hijau pun mirip dengan kacang polong dan okra. Seperti baik bagi penderita anemia, diabetes, menurunkan resiko obesitas, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan kandungan gizi yang lengkap maka tak heran bila banyak orang menyukai kacang hijau.  Di bawah ini penjelasan mengenai manfaat kacang hijau yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (17/5/2021).

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat kacang hijau yang pertama adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan lemak dan kolesterol jahat pada kacang jauh lebih rendah ketimbang daging. Seperti yang telah umum diketahui manfaat protein sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menunjang keberadaan setiap sel tubuh. kekurangan protein bahkan bisa menyebabkan kerontokan rambut, penyakit kwashiorkor dan busung lapar.

2. Melancarkan Pencernaan

Manfaat kacang hijau yang berikutnya adalah melancarkan perncernaan. Berbeda dari jenis kacang-kacangan yang lain, kacang hijau memiliki serat tidak larut. Banyak kacang-kacangan memiliki kedua jenis serat dan dapat membuat perut terasa kembung. Hal itu karena biasanya kacang-kacangan mengandung oligosakarida atau sejenis gula yang susah dicerna. Namun kandungan oligosakarida dalam kacang hijau lebih sedikit jika dibandingkan jenis kacang-kacangan yang lain, sehingga pencernaan Anda cenderung lebih bisa mentolerirnya.

3. Baik untuk Penderita Diabetes

Manfaat kacang hijau yang selanjutnya adalah baik untuk penderita diabetes. Penyakit diabetes merupakan kondisi di mana hilangnya kemampuan tubuh untuk mengendalikan kadar gula darah. Untuk itu penderita diabetes harus mengatur pola makan karena jika tidak kadar gula dalam tubuh akan mengalami kenaikan drastis. Kadar gula yang tidak stabil dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Dalam dunia medis, terdapat beberapa jenis diabetes. Namun kasus yang paling sering terjadi di masyarakat adalah diabetes tipe 2, yang mana jenis diabetes ini sebenarnya bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Salah satu pola hidup yang sehat adalah dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan dan makanan sehat lainnya. Salah satu makanan sehat adalah buah kacang hijau karena memiliki kadar indeks glikemik yang rendah. Sehingga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

4. Baik untuk Penderita Anemia

Manfaat kacang hijau yang berikutnya adalah baik untuk penderita anemia. Anemia adalah kondisi di mana kadar haemoglobin (Hb) dalam darah di bawah normal. Tanda-tanda yang paling sering dikaitkan dengan anemia adalah pucat, sakit dada, napas pendek, cepat lelah, dan pusing.

Pengobatan anemia sendiri harus diarahkan berdasarkan penyebabnya supaya hasilnya lebih maksimal. Beberapa ditempuh melalui transfusi darah, pemberian obat yang dapat menekan sistem kekebalan tubuh, pemberian obat dengan tujuan menambah sel darah dalam tubuh, dan mengonsumsi suplemen zat besi, vitamin B12, asam folat, vitamin serta mineral lainnya. Salah satu makanan yang baik untuk penderita anemia adalah kacang hijau karena mengandung komponen nutrisi penting yang berperan dalam proses pembentukan sel darah merah, seperti zat besi dan vitamin B1.

5. Mengatasi Keluhan PMS

Manfaat kacang hijau yang berikutnya adalah mengatasi keluhan PMS. Mengonsumsi kacang hijau secara rutin dipercaya cukup efektif mengurangi intensitas keluhan PMS. Hal ini tidak lain karena peran vitamin B dalam kacang hijau yang relatif tinggi. Ditambah lagi dengan peran magnesium dan komponen bioestrogen di dalamnya. Selain itu berbagai nutrisi yang terkandung dalam kacang hijau juga dapat membantu perempuan terhindar dari risiko anemia. Keluhan anemia kerap dialami perempuan terutama pada saat mereka sedang haid.

6. Mengontrol Berat Badan

Manfaat kacang hijau yang selanjutnya adalah untuk mengontrol berat badan. Mengonsumsi kacang hijau dipercaya dapat mengontrol nafsu makan, apabila nafsu makan telah terkontrol maka otomatis hal itu dapat menjaga berat badan tetap ideal. Sebab kacang hijau merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan serat dan protein.

7. Menjaga Kesehatan Janin

Manfaat kacang hijau yang berikutnya adalah menjaga kesehatan janin. Kacang hijau merupakan salah satu jenis makanan yang dianjurkan dikonsumsi ibu hamil karena kandungan asam folat yang cukup tinggi dalam kacang hijau dapat mencegah kelahiran premature, keguguran, lahir dengan berat badan rendah hingga mencegah kerusakan pada saraf janin.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat kacang hijau yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin E dalam kacang hijau dipercaya dapat membantu menstimulasi kesehatan kulit. Meskipun kandungan vitamin E tidak terlalu tinggi namun belakangan dipahami bahwa kacang hijau ternyata juga memiliki komponen protein yang juga menstimulasi produk hyaluronic acid dan elastine. Ini merupakan bentuk senyawa formula kolagen yang bekerja intesif pada permukaan kulit. Senyawa ini sangat baik dalam meregenerasi kulit.

9. Mencegah Kanker

Manfaat kacang hijau yang lainnya adalah mencegah kanker. Dalam sebuah penelitian medis ditemukan bahwa kacang hijau dapat mencegah kerusakan DNA dan mutasi sel berbahaya dalam tubuh. Hal ini karena kacang hijau kaya akan kandungan polyphenol dan oligosakarida yang mampu menghambat perkembangan kanker.

10. Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat kacang hijau yang berikutnya adalah baik untuk kesehatan jantung. Pasalnya, jenis kacang ini mengandung serat yang tinggi yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung serta menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

11. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat kacang hijau yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan tulang. Di dalam 100 gram kacang hijau setidaknya terdapat 53% magnesium. Nutrisi ini bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang, berperan dalam pembentukan sel-sel tulang, serta menurunkan risiko osteoporosis pada wanita setelah masa menopause.

12. Menyehatkan Rambut

Manfaat kacang hijau yang berikutnya adalah menyehatkan rambut. Ternyata, hal itu bisa Anda dapatkan dalam kacang hijau. Zinc bermanfaat untuk menormalkan hormon yang mengatur perkembangan rambut hingga memberi nutrisi rambut dari dalam.

13. Sumber Nutrisi yang Lengkap

Manfaat kacang hijau yang lainnya adalah menjadi sumber nutrisi yang lengkap bagi tubuh. Sebagai salah satu sumber protein yang lengkap, kacang hijau memiliki serat, lemak sehat , vitamin, mineral, dan fitokimia cukup tinggi. Bagi kamu yang berusia produktif, hal ini tentu sangat penting. Pasalnya, kandungan-kandungan tersebut berperan sebagai sumber nutrisi dalam menjaga metabolisme tubuh.

14. Makanan Pendamping ASI

Manfaat kacang hijau yang selanjutnya adalah menjadi makanan pendampjng ASI. Tidak hanya untuk usia dewasa, kacang hijau juga bermanfaat sebagai sumber nutrisi alternatif ASI atau MPASI saat bayi berumur 6 bulan. Biasanya, biji-bijian ini direbus dan airnya digunakan sebagai MPASI. Kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dipercaya baik untuk mengoptimalkan perkembangan bayi.

15. Menurunkan Kolesterol

Kacang hijau ternyata memiliki manfaat bagi penderita penyakit jantung dan kolesterol tinggi. Zat antioksidan di dalamnya dapat membantu menurunkan kolesterol total serta low-density lipoprotein (LDL) dan trigliserida yang merupakan kolesterol jahat.

Menurut beberapa para ahli bahwa antioksidan pada kacang hijau mungkin memicu produksi empedu, cairan yang menguraikan lemak dan kolesterol pada proses pencernaan. Zat ini tampaknya juga mencegah pembentukan timbunan lemak pada tubuh.

16. Membersihkan Tubuh dari Racun

Kandungan protein, tanin dan flavonoid dalam kacang hijau bermanfaat untuk membersihkan racun-racun seperti merkuri dan besi dari dalam tubuh. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]