Fakta-fakta Anosmia: Penyebab, Lama Pemulihan, Cara Menyembuhkan


Rabu,28 Juli 2021 - 12:43:18 WIB
Fakta-fakta Anosmia: Penyebab, Lama Pemulihan, Cara Menyembuhkan sumber foto health.detik.com

Anosmia adalah salah satu gejala khas dari COVID-19. Gejala ini ditandai dengan hilangnya indra penciuman. Pada kasus COVID-19, umumnya gejala anosmia juga dibarengi dengan hilangnya indra pengecap. Hal ini menyebabkan nafsu makan pasien jadi menurun.

Dilansir dari laman health.detik.com, meski demikian, anosmia tak hanya disebabkan oleh COVID-19. Beberapa kondisi lain seperti infeksi sinus, flu, kebiasaan merokok, pilek, dan alergi juga bisa memicu gejala ini. Dikutip dari Healthline, anosmia dapat terjadi karena terganggunya reseptor di dalam hidung yang menuju saraf otak.

Anosmia sembuh 18-21 hari

Lamanya waktu anosmia sembuh tergantung dari kondisi pasien. Berdasarkan sebuah studi di 18 rumah sakit Eropa, 86 persen dari 2.500 pasien COVID-19 yang mengalami gejala anosmia dapat pulih setelah 18-21 hari terinfeksi virus Corona. Namun, studi juga mencatat ada 5 persen pasien COVID-19 yang baru pulih dari anosmia setelah 6 bulan terpapar virus Corona.

Anosmia disebut bisa jadi pertanda baik pasien COVID-19

Menurut sebuah studi yang telah diterbitkan dalam Journal Internal Medicine, kebanyakan pasien COVID-19 yang mengidap anosmia adalah yang mengalami gejala ringan.

Studi yang dilakukan di 18 rumah sakit Eropa ini menemukan 55 persen pasien COVID-19 anosmia mengalami gejala ringan. Sementara 37 persen pasien lainnya yang mengeluhkan anosmia mengalami gejala sedang hingga kritis. Kemudian hanya 6,9 persen pasien COVID-19 dengan anosmia yang mengalami gejala kritis.

"Menurut penelitian, sebagian besar orang memulihkan indra penciumannya dalam waktu 3 minggu," kata Dr Robert Glatter, seorang dokter darurat di Lenox Hill Hospital di New York.

"Yang membutuhkan waktu pemulihan COVID-19 hingga 2 bulan sedikit, yaitu 15 persen, dan yang membutuhkan pemulihan COVID-19 hingga 6 bulan hanya di bawah 5 persen," sambungnya. Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk memulihkan gejala anosmia, di antaranya sebagai berikut.Cara menyembuhkan anosmia

1. Pakai minyak kayu putih

Dikutip dari Times of India, minyak kayu putih dapat digunakan untuk melatih indra penciuman. Cara mengobati anosmia adalah dengan mengendus minyak kayu putih secara rutin selama 30 detik sekali.

2. Konsumsi makanan beraroma kuat

Mengonsumsi buah-buahan dengan aroma dan rasa yang kuat bisa menjadi salah satu cara untuk mengobati anosmia. Selain dapat melatih indra penciuman dan pengecap, cara ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Konsumsi jahe

Cara terakhir yang bisa kamu coba untuk mengobati anosmia adalah dengan mengonsumsi jahe. Kandungan gingerol pada jahe dapat merangsang indra penciuman dan pengecap. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]