9 Cara Menyembuhkan Penyakit Bipolar Secara Alami dan Mudah, Wajib Dicoba


Rabu,08 September 2021 - 12:43:20 WIB
9 Cara Menyembuhkan Penyakit Bipolar Secara Alami dan Mudah, Wajib Dicoba sumber foto merdeka.com

Cara menyembuhkan penyakit bipolar bisa melalui perawatan alternatif, terapi dan mengonsumsi sejumlah makanan tertentu. Banyak bukti ilmiah mendukung manfaat dalam mengatasi depresi bagi penderita bipolar.

Dilansir dari laman merdeka.com, beberapa orang telah melaporkan merasakan peningkatan manfaat, ketika menggabungkan sejumlah cara menyembuhkan penyakit bipolar. Baik dengan pengobatan dan secara alami.

Meski mengatasi episode depresi bisa jadi sulit, namun bisa diringankan maupun dicegah gejalanya. Seperti diketahui, gangguan bipolar merupakan penyakit mental kronis yang menyebabkan perubahan suasana hati yang parah.

Suasana hati ini bergantian dengan drastis, antara gembira, energik tertinggi atau mania dan sedih, terendah lelah atau depresi. Bahkan terkadang tak terkontrol atau tanpa disadari, bahwa emosinya mengalami perubahan dramatis bak jet coaster.

Gejala depresi dapat membuat penderita kehilangan minat pada aktivitas. Biasanya akan sulit untuk menjalani hari. Meski begitu, ada cara menyembuhkan penyakit bipolar yang dapat Anda terapkan. Guna melawan efek negatif, serta meningkatkan mood selama episode depresi. Berikut ini beberapa cara menyembuhkan penyakit bipolar secara alami dan mudah, seperti dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (8/9).

Menjaga Pola Hidup Sehat

Saat merasa tertekan, Anda mungkin mudah untuk masuk ke kebiasaan buruk. Bahkan ketika lapar pun jadi malas makan atau terus makan meski Anda sudah kenyang. Hal yang sama dalam pola tidur. Ketika Anda depresi, cenderung tidur terlalu sedikit atau terlalu banyak.

Kebiasaan makan dan tidur yang tidak sehat ini dapat memperburuk gejala depresi. Dilansir dari Healthline, rutinitas harian yang sehat bisa mempertahankan kebiasaan baik.

Cara menyembuhkan penyakit bipolar yang bisa Anda pertimbangkan dengan pola hidup sehat, seperti:

- Makan makanan dan camilan pada waktu yang ditentukan sepanjang hari.

- Tingkatkan asupan sayuran, protein tanpa lemak, dan biji-bijian.

- Lakukan tujuh hingga sembilan jam tidur setiap malam.

- Bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari.

Konsumsi Minyak Ikan

Selain dari perawatan alternatif, cara menyembuhkan penyakit bipolar secara alami bisa melalui beragam jenis makanan. Termasuk dengan mengonsumsi suplemen minyak ikan.

Minyak ikan dan ikan adalah sumber umum dari dua dari tiga jenis utama asam lemak omega-3, di antaranya asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA).
Asam lemak ini mampu memengaruhi bahan kimia di otak, yang erkait dengan gangguan mood pada penderita bipolar.

Orang dengan depresi juga cenderung memiliki kadar asam lemak omega-3 yang lebih rendah dalam darahnya. Asam lemak omega-3 dapat membantu penyakit bipolar dengan:

- Mengurangi iritabilitas dan agresi
- Menjaga stabilitas suasana hati
- Mengurangi gejala depresi
- Meningkatkan fungsi otak

Lakukan Aktivitas yang Membahagiakan

Cara menyembuhkan penyakit bipolar selanjutnya ialah dengan melakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia. Saat Anda tidak mengalami episode depresi, biasanya akan mudah menemukan kesenangan dalam aktivitas tertentu, seperti membaca, mendengarkan musik, atau membuat kue.

Lain halnya bila mendadak merasa tertekan. Mungkin tidak memiliki motivasi untuk melakukan apa pun. Meski tengah kekurangan energi, penting untuk terus melakukan aktivitas yang biasanya Anda nikmati. Cara menyembuhkan ini akan membantu meningkatkan mood dan Anda akan merasa jauh lebih baik.

Tetap Aktif

Sebuah studi yang dirilis oleh Journal of Science and Medicine in Sport, para peneliti percaya jenis olahraga tertentu dapat membantu meringankan gejala depresi. Cara menyembuhkan penyakit bipolar ini termasuk berjalan, jogging, atau bersepeda dengan intensitas rendah hingga sedang.

Untuk hasil terbaik, para ahli menyarankan untuk berolahraga setidaknya tiga hingga empat hari per minggu. Selama 30 hingga 40 menit setiap kali.

Meditasi

Melansir dari Everyday Health, cara menyembuhkan penyakit bipolar bisa melalui meditasi menggunakan pendekatan terapi kognitif. Orang yang bermeditasi dengan terapi ini akan memperlihatkan penurunan depresi. Menurut Behavior Research and Therapy, semakin mereka bermeditasi, semakin sedikit gejala bipolar yang dialami.

Terapi Cahaya

Masih dari lansiran yang sama, cara menyembuhkan penyakit bipolar secara alami bisa mengandalkan terapi cahaya. Orang dengan gangguan bipolar mungkin telah mengganggu ritme sirkadian. Ini berarti jam biologis tidak bekerja dengan baik. Menurut studi dariDialogues in Clinical Neuroscience, lakukan strategi mengatur ulang jam internal dan meningkatkan manajemen bipolar.

Ini termasuk perubahan paksa dalam waktu tidur. Mengacu berdasarkan prinsip-prinsip ritme sirkadian dan fisiologi tidur. Mengontrol paparan rangsangan lingkungan yang bekerja pada ritme biologis.

Untuk mencapai efek terapeutik dalam pengobatan kondisi kejiwaan. Ini termasuk manipulasi siklus tidur-bangun, paparan yang terkontrol terhadap terang dan gelap. Cara menyembuhkan penyakit bipolar ini disarankan untuk tetap didiskusikan terlebih dahulu dengan ahlinya.

Jangan Mengisolasi Diri Sendiri

Saat depresi, Anda mungkin merasa seperti sendirian. Tapi penting untuk tidak mengasingkan diri. Sendirian malah dapat meningkatkan gejala depresi. Terlibat dalam kegiatan sosial, seperti ikut komunitas, terlibat tim atletik atau sekedar nongkrong. Habiskan waktu bersama teman dan keluarga atau mengobrol dengan mereka secara teratur. Memiliki dukungan dari teman dan orang yang dicintai dapat membantu Anda merasa lebih nyaman dan percaya diri. 

Temukan Cara Baru untuk Hilangkan Stres

Mencoba hal-hal baru mungkin jadi salah satu hal yang ingin Anda lakukan saat sedang depresi. Bahkan bisa meringankan gejala bipolar. Misalnya, jika Anda belum pernah dipijat sebelumnya, pertimbangkan untuk menjadwalkan janji di spa. Demikian pula, yoga atau meditasi mungkin terasa baru untuk dicoba dan bermanfaat selama episode depresi.

Selain itu bisa bersantai dengan cara yang berbeda. Ini akan mempermudah Anda mengatasi stres atau kondisi gampang marah yang mungkin Anda alami.

Bergabung dengan Kelompok Pendukung

Akan sangat membantu cara menyembuhkan penyakit bipolar, dengan bergabung ke kelompok pendukung. Berdampingan saling berbagi bersama orang-orang dengan gangguan bipolar.

Sebuah kelompok akan memberi Anda kesempatan untuk bertemu orang lain dengan kondisi yang sama. Sekaligus berbagi pengalaman Anda selama episode depresi. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]