16 Manfaat Daun Kemangi bagi Kesehatan Tubuh, Cegah Demam dan Baik untuk Kulit


Kamis,23 September 2021 - 15:43:32 WIB
16 Manfaat Daun Kemangi bagi Kesehatan Tubuh, Cegah Demam dan Baik untuk Kulit sumber foto liputan6.com

Manfaat daun kemangi sangat baik untuk kesehatan. Khasiat yang dimiliki daun kemangi ini tidak lepas dari berbagai nutrisi dan kandungan yang dimilikinya. Daun hijau ini akan sangat baik jika digunakan secara teratur.

Dilansir dari laman liputan6.com, daun kemangi lebih dikenal sebagai lalapan yang dapat menambah cita rasa makanan yang disantap. Namun, bukan cuma bikin makanan makin enak, daun kemangi segar juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat daun kemangi juga berguna untuk kulit wajah dan tubuh. Hal ini terutama karena sifat antibakteri, antimikroba, dan antiinflamasi yang dimilikinya. Bahkan daun kemangi juga memiliki kandungan vitamin, protein, dan nutrisi yang baik untuk kulit. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (23/9/2021) tentang manfaat daun kemangi.

Mencegah Demam

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan yang pertama adalah sebagai pencegah demam akibat flu. Untuk mencegah masalah demam saat musim penghujan, kamu dapat meminum air rebusan daun kemangi. Minum setiap hari untuk mencegah demam karena musim penghujan. Saat demam karena flu, kamu juga dapat mengunyah daun kemangi.

Meredakan Batuk

Selain itu, saat batuk melanda, kamu juga bisa mendapatkan manfaat daun kemangi untuk meredakannya. Ambil 8 lembar daun kemangi, campur dengan cengkeh kemudian seduh dengan air mendidih. Kamu juga bisa menambahkan garam untuk sedikit membantu memberikan rasa. Biarkan hingga dingin kemudian minum. Lakukan secara rutin setiap hari untuk menghilangkan batuk.

Tingkatkan Kesehatan Mata

Hanya dengan 100 gram daun kemangi segar setiap hari akan membantu meningkatkan kesehatan mata. Hal ini sangat penting karena, daun kemangi memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Jadi manfaat daun kemangi juga bisa dimanfaatkan oleh kamu yang bermasalah dengan penglihatan.

Jaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa daun kemangi mampu mencegah gejala yang timbul akibat adanya luka di lambung. Untuk itu, manfaat daun kemangi dipercaya mampu menurunkan kadar asam lambung dan meningkatkan pelepasan lapisan lendir yang melindungi dinding lambung. Adanya Eugenol dalam daun kemangi dapat menjadi anti-inflamasi di saluran pencernaan. Daun kemangi membantu menyeimbangkan asam di dalam tubuh dan mengembalikan kadar pH tubuh yang tepat.

Meningkatkan Sistem Imun

Rutin mengonsumsi kemangi setiap hari dapat meningkatkan sistem imun. Studi menunjukkan bahwa berbagai senyawa kimia dalam kemangi dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, gunakan kemangi segar alih-alih yang kering.

Meringankan Diabetes

Mengonsumsi daun kemangi dapat melepaskan gula dalam darah, yang tentunya sangat dibutuhkan penderita diabetes. Racikan daun kemangi memuat glikemil yang sangat rendah. Minyak atsiri dalam daun kemangi juga mampu membantu mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol, yang merupakan faktor risiko persisten bagi penderita diabetes.

Bantu Detoksifikasi Tubuh

Manfaat daun kemangi punya kemampuan untuk mendetoksifikasi tubuh sehingga baik untuk menjaga kesehatan hati. Organ hati sangat penting bagi tubuh karena punya peran penting dalam metabolisme tubuh. Untuk mencegah penumpukan lemak di hati, maka tak ada salahnya mengonsumsi daun kemangi untuk menjaga kesehatan hati.

Melawan Radikal Bebas

Menurut buku ‘Healing Foods’, ramuan dari daun kemangi mengandung antioksidan alami yang dapat membantu melindungi jaringan tubuh terhadap kerusakan akibat radikal bebas. Daun kemangi mengandung dua antioksidan flavonoid penting yang larut dalam air, yang dikenal sebagai orientin dan viceninare. Jenis antioksidan ini mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh, melindungi struktur sel, dan menunda penuaan dini.

Meringankan Penyakit Kulit

Fungsi antimikroba dan antibakteri yang dimiliki kemangi juga efektif untuk mengobati beberapa jenis penyakit kulit, antara lain psoriasis dan panu. Cukup balurkan kemangi segar yang sudah ditumbuk halus pada kulit yang bermasalah, kemudian diamkan selama kurang lebih tiga puluh menit.

Meringankan Sakit Perut

Minyak atsiri pada daun kemangi dipercaya mampu mengobati berbagai masalah penyakit perut selain gangguan pencernaan. Mengonsumsi daun kemangi dapat membantu mengurangi kembung dan retensi air. Bahkan daun kemangi dapat merangsang hilangnya nagsu makan dan juga bisa menyembuhkan refluks asam.

Melawan Depresi

Minyak esensial pada daun kemangi dapat membantu mengatasi Depresi dan masalah kecemasan. Hal ini dikarenakan daun kemangi mampu merangsang neurotransmitter yang mengatur hormon yang bertanggung jawa untuk mendorong kebahagiaan dan energi. Daun kemangi dianggap sebagai adaptogen yang kuat atau agen anti-stres. Sifat anti-inflamasi dan mampu membantu mengelola stres.

Mampu Mengobati Luka Infeksi

Manfaat daun kemangi selanjutnya adalah dapat mengobati luka infeksi. Hal ini disebabkan karena sifat antibakteri ditemukan pada daun kemangi, sehingga dapat membantu menyembuhkan infeksi kulit. Menggunakan daun kemangi juga sangat membantu bagi orang-orang yang mengalami eksim pada kulit. Ambil beberapa daun kemangi dan tumbuk hingga halus. Lalu, tambahkan dengan setengah cangkir yogurt. Campurkan bahan dan terapkan pada wajah hingga mengering, kemudian bilas dengan air.

Mengatasi Jerawat dan Bekas Jerawat

Manfaat daun kemangi bagi kesehatan kulit juga mampu mengatasi jerawat seklaigus bekasnya. Kemangi mengandung sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat menyembuhkan jerawat serta bekas jerawat dengan mudah. Ia bekerja sebagai pembersih kulit alami yang membantu menghilangkan kotoran dan debu dari wajah. Ambil beberapa daun kemangi dan hancurkan. Lalu, ambil ekstrak jusnya dan tambahkan dengan satu sendok makan bubuk kunyit. Campurkan bahan dan terapkan masker ini pada wajah. Setelah kering dan meresap bilas dengan air hingga bersih.

Kulit Menjadi Bercahaya

Daun kemangi mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu menjadikan kulit sehat dan bercahaya. Ambil beberapa daun kemangi dan ekstrak jusnya. Lalu, tambahkan satu sendok gliserin dan pijat wajah Anda dengan masker ini setiap hari. Ulangi proses ini dua kali atau tiga kali sehari untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya.

Mencegah Penuaan

Manfaat daun kemangi selanjutnya adalah dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan. Menggunakan daun kemangi dapat membantu mengencangkan kulit Anda secara alami, sehingga menjadikan kulit tampak lebih muda. Ambil daun kemangi dan tumbuk sampai halus dan tambahkan beberapa sendok minyak kelapa. Aduk hingga rata. Terapkan pada wajah dan diamkan untuk sementara. Kemudian, bilas hingga bersih. Gunakan perawatan ini setiap dua kali dalam sehari untuk memberikan kulit yang tampak lebih muda dan bersinar.

Membantu Menyamarkan Bekas Luka pada Kulit

Membantu menyamarkan bekas luka pada kulit merupakan salah satu manfaat daun kemangi. Daun kemangi adalah satu di antara bahan populer yang dapat membantu menyamarkan bekas luka dan bekas jerawat pada kulit wajah. Ambil beberapa daun kemangi dan hancurkan. Tambahkan satu sendok madu dan satu sendok air lemon dan aduk hingga membentuk pasta. Oleskan masker ini pada wajah dan bilaslah dengan air. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]