Pemerintah Selenggarakan Forum Industri Halal di Trade Expo Indonesia 2021


Senin,27 September 2021 - 12:56:59 WIB
Pemerintah Selenggarakan Forum Industri Halal di Trade Expo Indonesia 2021 sumber foto merdeka.com

Kementerian Perdagangan (Kemendag) resmi membuka pameran dagang terbesar se-Asia Tenggara Trade Expo Indonesia ke-36 Virtual-Exhibition (TEI-VE) 2021 yang akan dilaksanakan pada 21 Oktober hingga 4 November 2021. Gelaran ini dibuka secara virtual dengan tema Reviving Global Trade.

Dilansir dari laman merdeka.com, "Kementerian Perdagangan menghadirkan trade Expo Indonesia. TEI yang ke-36 ini secara digital atau digital Edition tahun 2021, dengan mengangkat tema besar Reviving Global Trade. Diharapkan kritik Indonesia Digital edition dapat menjadi bagian dari upaya menghidupkan kembali perdagangan Global yang sempat mengalami kelesuan akibat covid 19," kata Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dalam pembukaan TEI-VE 2021, Senin (26/9).

Dia menjelaskan, rangkaian TEI tahun ini akan menghadirkan trade forum Expedition, business matching, business forum, bisnis konseling serta Prima Arta dan Primaduta Award.

Adapun yang membedakan pelaksanaan TEI ke-36 tahun 2021 dibandingkan tahun 2020 adalah kemudahan dan kenyamanan yang diberikan melalui platform interaktif baru dalam format e-katalog, seperti halnya pameran dagang besar internasional di Jerman dan sebagainya serta negara maju lainnya.

"Sehingga kegiatan interaksi antara seller dan buyer berjalan lebih efisien dan lebih efektif," imbuhnya. Dalam rangkaian TEI ke-36 ini, Kemendag juga akan mengundang Menteri Perdagangan dari negara sahabat di Singapura dan Filipina, direktur jenderal WTO, dan juga management World Bank yang akan diagendakan hadir dalam forum ini.

"Selain itu salah satu hal berbeda yang saya sangat bangga kan pada TEI tahun ini untuk pertama kalinya akan diselenggarakan forum khusus terkait industri halal yaitu halal trade forum, dengan berkolaborasi dengan Indonesian fashion Chamber juga karena menyelenggarakan Muslim fashion festival dengan rangkaian Kegiatan muslim Fashion Show dan juga Talk Show," ujarnya. Hal tersebut dilakukan dengan upaya nyata untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat industri produk halal dunia, serta menjadi kiblat industri fashion muslim dunia.

"Kami juga berharap penyelenggaraan trade expo Indonesia selalu menjadi agenda rutin dan utama bagi seluruh buyer di mancanegara untuk mencari produk Indonesia dan partner pedagang yang tepat," ujarnya. Dia juga berharap trade Expo Indonesia menjadi salah satu pameran B to B terbesar di wilayah Asia yang selalu dinantikan.

"Semoga penyelenggaraan TEI ke-36 Digital Edition tahun 2021 mampu berkontribusi secara langsung terhadap peningkatan ekspor Indonesia bagi baik dalam jangka pendek maupun dengan jangka panjang," pungkasnya. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]