Daftar Mobil Listrik Termahal di Dunia Tahun 2021


Rabu,06 Oktober 2021 - 16:51:09 WIB
Daftar Mobil Listrik Termahal di Dunia Tahun 2021 sumber foto oto.detik.com

Pabrikan di seluruh dunia ramai-ramai memproduksi mobil listrik. Mobil listrik umumnya punya harga mahal, lebih tinggi dari kendaraan konvensional. Berikut ini daftar mobil listrik paling mahal di dunia tahun 2021.

Dilansir dari laman oto.detik.com, secara umum mobil listrik punya harga yang lebih tinggi dibanding mobil konfensional. Di Indonesia mobil listrik (EV) termurah saja banderol harganya ada di kisaran Rp 600-an juta.

Harga tinggi mobil listrik disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya jalur produksi yang masih sangat terbatas, juga rantai pemasaran yang minim, serta tak tak bisa dilupakan soal riset dan pengembangan memperimbangkan mobil listrik masih bisa dianggap sebagai teknologi baru.

Namun faktor dominan dari tingginya harga mobil listrik adalah harga baterai. Sebagaimana diketahui, baterai punya peran vital terkait daya jelajah dan performa mobil secara keseluruhan. Selain itu mobol-mobil listrik yang sudah dijual juga menawarkan kemewahan interior yang berbeda dengan mobil pembakaran internal.

Dikutip dari electrrek, inilah daftar mobil listrik termahal di dunia. Sebagai catatan. mobil-mobil listrik yang masuk daftar ini adalah kendaraan yang sudah bisa dibeli dan merupakan kendaraan yang bisa langsung dipakai di jalanan umum. Tidak termasuk di dalamnya mobil konsep dan supercar. Harga dikutip berdasarkan penjualan di Amerika Serikat.

1. Tesla Model S Plaid

Mobil listrik yang punya harga termahal mahal saat ini adalah Tesla model S Plaid. Tesla menyematkan banyak teknologi dan performa mumpuni pada S Plaid. Untuk sebuah mobil listrik, S Plaid dapat melaku dari 0-100 km per jam dalam waktu 2 detik saja. Sementara kecepatan tertingginya mencapai 321 km per jam.

Kemudian untuk jangkauan jaraknya, dalam sekali pengisian daya baterai dapat menempuh hingga sejauh 637 km. Model S Plaid telah membuka keran pemesanan melalui situs resmi Tesla, meskipun konsumen baru mendapatkan mobil pada 2022 mendatang. Soal harganya, Tesla Model S Plaid dibanderol mencapai US$ 129.990 atau sekitar Rp 1,8 miliar di Amerika Serikat.

2. Jaguar I-Pace HSE

Urutan kedua adalah Jaguar I-Pace HSE yang merupakan mobil listrik model SUV. Jaguar menghadirkan sejumlah fitur keselamatan seperti blind spot, kamera 360 derajat, dan rem darurat saat kecepatan tinggi. Performa Jaguar I-Pace HSE juga mumpuni. SUV listrik ini dapat menempuh jarak dari 0-100 km per jam dalam waktu 6,4 detik saja, sementara kecepatan maksimalnya mencapai 180 km per jam.

Mengenai harganya, Jaguar I-Pace HSE dijual mulai dari US$ 80.900 atau sekitar Rp 1,5 miliar. Harga bisa naik jika konsumen menambahkan beberapa fitur pada mobilnya.

3. NIO ES8 Signature Edition

Selanjutnya adalah NIO ES8 yang merupakan buatan produsen otomotif asal China. NIO berusaha membuat mobil EV mewah namun dengan harga terjangkau, hal ini untuk menyaingi Tesla yang juga menjual kendaraannya di China.

Soal performanya, NIO ES8 dapat menempuh angka 0-100 km per jam dalam waktu 4,9 detik saja. SUV yang hadir dengan opsi 6 atau 7 seater ini mampu menempuh jarak hingga sejauh 580 km dalam sekali pengisian daya. Mengenai harganya, NIO ES8 Signature Edition punya banderol paling tinggi di antara tipe lainnya. SUV listrik ini dijual dengan harga sebesar US$ 87.600 atau sekitar Rp 1,2 miliar.

4. Porsche Taycan Turbo S

Mobil listrik paling mahal selanjutnya adalah Porsche Taycan Turbo S. Produsen otomotif asal Jerman ini meluncurkan mobil EV pertamanya di pasaran dengan performa gahar. Mengenai akselerasinya, Porsche Taycan Turbo S dapat melaju dari 0-100 km/jam dalam waktu 2,8 detik saja. Sementara kecepatan maksimalnya mampu mencapai 260 km/jam.

Jarak tempuh Porsche Taycan Turbo S juga cukup mumpuni. Dalam sekali pengisian daya baterai, mobil ini dapat menempuh hingga jarak sejauh 340 km. Sementara untuk penggunaan di dalam kota saja mampu mencapai 477 km.

Untuk harganya, Porsche Taycan Turbo S dijual dengan harga mencapai US$ 185.000 atau sekitar Rp 2,6 miliar. Jika terlalu mahal, Porsche juga menghadirkan versi standar dengan harga US$ 80.000 atau setara Rp 1,4 miliar. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]