Lebih Lengkap tapi Lebih Mahal, Veloz Bakal Senggol Pasar Rush?


Selasa,23 November 2021 - 13:23:53 WIB
Lebih Lengkap tapi Lebih Mahal, Veloz Bakal Senggol Pasar Rush? sumber foto kompas.com

Hadir serba baru, Toyota All New Veloz saat ini menjelma menjadi MPV murah yang naik kelas. Tak hanya tampilan yang lebih premium, namun memiliki fitur yang lengkap dan siap memanjakan para penggunanya. Lantas dengan segala ragam fitur yang dimiliki, ditambah dengan visual crossover dan ground clearence yang cukup tinggi, yakni 205 mm, apakah Veloz nantinya bisa menggangu pasar Toyota Rush yang sejatinya bermain di segmen low sport utility vehicle (LSUV). Menjawab hal ini, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, secara segmen antara Veloz dan Rush sudah berbeda. Karena itu, konsumennya pun berbeda.

Dilansir dari laman kompas.com.  "Saya rasa untuk Avanza dan Rush sebenarnya saling melengkapi, bahkan sebelum Veloz muncul. Tapi memang Rush ini punya desain dan fitur yang berbeda, belum lagi dari size dan ground clearance kemudian bentuk bodinya," ucap Anton saat konferensi pers secara virtual, Sabtu (20/11/2021). "Untuk Veloz sendiri kita tidak katakan sebagai SUV karena tetap di LMPV, cuma punya SUV look saja. Justru kami ingin memberikan pilihan bagi konsumen," katanya.

Lebih lanjut Anton mengatakan, meski dalam ajang GIIAS 2021 perhatian konsumen lebih ke All New Avanza dan Veloz, tapi dari sisi penerimaan, Rush masih cukup baik. Berdasarkan data yang diterima, untuk Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) Rush sendiri diklaim sudah mencapai 329 unit jelang dua hari berakhirnya pameran otomotif.

"Saya rasa (penerimaan Rush) cukup baik dibandingkan dengan situasi dan kondisi market pada saat ini," ucap Anton. Seperti diketahui, All New Veloz hadir dilengkapi dengan teknologi TSS yang di dalamnya terdapat empat fitur keselamatan aktif. Mulai dari Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking, Pedal Missoperation Control, Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention, dan Front Departure Alert.

Tak hanya itu, terdapat fitur Rear Crossing Traffic Alert yang memberikan notifikasi jika ada potensi tabrakan saat mobil mundur dan fitur Blind Spot Monitoring yang memberikan sinyal melalui grafik di kaca spion sebagai peringatan ketika ada mobil lain yang bergerak di area blind spot All New Veloz. Bila dibandingkan, SPK Rush sendiri sebenarnya masih di bawah Innova dan Fortuner. Sementara paling tinggi di dominasi oleh All New Veloz dengan jumlah pemesanan 701 unit dan disusul All New Avanza 697 unit.

Namun demikian, bila melihat dari sisi harga, dengan ragam fitur yang lebih mewah, generasi kedua Veloz kini tak bisa dianggap murah. Bandrolnya tak hanya lebih mahal dari Xpander Cross, tapi juga lebih tinggi dari Rush. Toyota memasarkan All New Veloz mulai dari Rp 251.200.000 untuk tipe MT, Rp 272.100.000 untuk Q CVT yang jadi varian tengah, dan Rp 291.500.000 untuk Q CVT TSS yang jadi varian tertingginya.

Sementara Rush, dibanderol mulai dari Rp 245,5 juta hingga Rp 267,1 juta untuk tipe tertingginya, yakni 1.5 S A/T GR Sport. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. (RF)


 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]