Apa itu Vitiligo, Bercak Putih pada Kulit Tapi Bukan Panu


Kamis,25 November 2021 - 11:46:49 WIB
Apa itu Vitiligo, Bercak Putih pada Kulit Tapi Bukan Panu sumber foto kompas.com

Pernahkah Anda mendapati bintik atau bercak putih pada kulit tapi tidak gatal dan terasa mengganggu seperti panu? Masalah kulit ini bisa jadi tanda vitiligo. Vitiligo umumnya kentara pada orang yang memiliki kulit berwarna gelap. Kondisi ini umumnya juga tidak berbahaya dan tidak menular seperti panu. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang masalah kulit ini, kenali apa itu vitiligo, penyebab, cara mengobatinya.

Dilansir dari laman kompas.com. Apa itu vitiligo? Melansir NHS, vitiligo adalah bercak putih yang muncul pada beberapa bagian kulit. Masalah kulit ini umumnya muncul perlahan-lahan dari bercak, lalu dapat meluas seiring berjalannya waktu. Perlu diketahui, bercak putih vitiligo tidak menyebabkan kulit kering. Tapi, terkadang bagian kulit yang terkena vitiligo terasa sedikit gatal.

Vitiligo bisa muncul di berbagai bagian tubuh. Biasanya, bercak putih ini terlihat pada kulit sekitar mulut dan mata, jari dan pergelangan tangan, ketiak, kaki, bagian dalam paha, selangkangan atau dekat alat kelamin. Area kulit yang sering terpapar sinar matahari biasanya lebih berisiko mengalami vitiligo. Vitiligo bisa ringan atau hanya memengaruhi area kecil pada kulit.

Tapi, terkadang ada penderita vitiligo yang punya bercak putih dengan ukuran besar dan mengganggu penampilan. Tidak ada cara untuk mengetahui berapa banyak area tubuh terdampak vitiligo. Tapi, bercak putih pada masalah kulit ini biasanya bersifat permanen.

Penyebab vitiligo Vitiligo disebabkan kurangnya pigmen atau zat pewarna kulit yang dikenal dengan melanin. Pigmen ini dihasilkan oleh sel-sel kulit melanosit. Pada vitiligo, melanosit tidak dapat bekerja optimal, sehingga produksi melanin berkurang. Kondisi ini membuat bercak putih muncul pada kulit, atau rambut muncul uban padahal usia masih relatif muda.

Ada beberapa faktor risiko yang bisa jadi penyebab melanosit terganggu, antara lain: Penyakit autoimun, seperti hipertiroid, anemia pernisiosa, penyakit addison Ada anggota keluarga yang punya vitiligo Penyakit kanker kulit melanoma dan kanker limfoma non-hodgkin Mutasi gen Paparan bahan kimia Stres berlebihan Sering terpapar sinar matahari Luka di kulit parah Dokter umumnya dapat mendiagnosis vitiligo setelah memeriksa area kulit yang muncul bercak putih. Cara mengobati vitiligo Melansir laman resmi American Osteopathic College of Dermatology, vertigo umumnya bersifat permanen.

Apabila masalah kulit ini dianggap mengganggu penampilan atau menyebabkan komplikasi tertentu, dokter biasanya baru merekomendasikan beberapa pengobatan dan perawatan medis. Beberapa cara mengobati vitilogo, yakni: Terapi obat Cangkok kulit Terapi laser Konsultasikan dengan dokter terkait jenis perawatan menghilangkan vitiligo paling sesuai dengan kondisi tubuh. Selain itu, diskusikan juga risiko dan efek sampingnya. (RF)


 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]